Kenapa Hiu Takut terhadap Lumba-lumba? Ini Ulasannya

Ilustrasi (pixabay.com/Claudia14)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Hiu merupakan salah satu predator yang ganas. Dengan kekuatan gigitannya, hiu seolah bisa memangsa apa saja. Meski demikian, predator laut ini takut terhadap lumba-lumba yang bahkan terkesan tidak berbahaya.

Ada beberapa alasan hiu takut terhadap lumba-lumba, salah satunya adalah karena moncong lumba-lumba yang bisa melukai hiu. Alasan hiu takut terhadap lumba-lumba Dilansir dari Seaworld Orlando, berikut adalah beberapa alasan hiu takut terhadap lumba-lumba.

  1. Lumba-lumba dapat bermanuver dengan cepat Kombinasi kulit dan sendi rangka yang fleksibel memudahkan lumba-lumba untuk bermanuver dengan cepat.

Tentunya ini bisa merugikan dalam pertarungan melawan hiu yang memiliki tulang rawan.

  1. Moncong lumba-lumba dapat melukai hiu

Moncong lumba-lumba rerbuat dari tulang yang sangat kuat dan tebal. Lumba-lumba akan memposisikan diri beberapa meter di bawah hiu dan menusukkan moncongnya ke perut hiu yang lembut hingga menyebabkan luka dalam yang serius.

  1. Kawanan lumba-lumba saling melindungi

Hiu adalah predator soliter, sedangkan lumba-lumba melakukan perjalanan dalam kelompok. Setiap kali anggota kelompok berada dalam bahaya, misalnya diserang oleh hiu, anggota kelompok yang lain bergegas untuk membela teman mereka.

  1. Lumba-lumba sulit ditangkap

Dikenal sebagai pemburu yang sembunyi-sembunyi, peluang terbaik hiu untuk menangkap lumba-lumba adalah saat ia tidak sadar atau berada di titik buta.

Namun, jika upaya tersebut tidak berhasil, lumba-lumba dapat dengan mudah melarikan diri atau berkumpul kembali untuk melawan hiu dengan kawanannya.

Lumba-lumba bisa berenang lebih cepat daripada kebanyakan spesies hiu sehingga ia menjadi mangsa yang sulit ditangkap.***

Sumber: kompas.com