Head to Head Samsung Galaxy S23 FE versus OPPO A78 yang Segera Meluncur, Kamu Pilih Mana?

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Ketika memilih smartphone baru, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti performa, fitur, kualitas kamera, harga, dan lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan Samsung Galaxy S23 FE dan OPPO A78, dua smartphone yang menarik perhatian di pasar saat ini.

Performa dan Spesifikasi:

 Samsung Galaxy S23 FE: 

Smartphone ini didukung oleh prosesor yang kuat dan memiliki RAM yang besar, yang memungkinkan kinerja yang lancar dan responsif. Layar yang berkualitas tinggi dan kapasitas baterai yang besar juga merupakan keunggulan dari S23 FE.

OPPO A78: OPPO A78 juga menawarkan performa yang solid dengan prosesor yang baik dan RAM yang cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari. Layarnya cukup besar dan baterai yang cukup tahan lama.

    Kamera:

  Samsung Galaxy S23 FE: Samsung dikenal dengan kualitas kamera yang baik, dan S23 FE tidak berbeda. Smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama yang canggih dan fitur pengambilan gambar yang inovatif.

  OPPO A78: OPPO A78 juga menawarkan kualitas kamera yang baik dengan kemampuan pengambilan gambar yang jelas dan tajam. Ini adalah pilihan yang baik untuk mereka yang suka mengambil foto-foto berkualitas tinggi.

Desain:

 Samsung Galaxy S23 FE: Samsung Galaxy S23 FE memiliki desain yang elegan dan premium dengan layar yang hampir tanpa bezel. Ini memberikan pengalaman visual yang menarik.

OPPO A78: OPPO A78 memiliki desain yang modern dengan tampilan yang menarik. Meskipun tidak sehalus Galaxy S23 FE, tetapi tetap memiliki daya tarik yang kuat.

Harga:

 Samsung Galaxy S23 FE:

 Harga Samsung Galaxy S23 FE mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan OPPO A78. Namun, harganya sebanding dengan fitur dan kualitas yang ditawarkan.

 OPPO  A78:

 OPPO A78 menawarkan nilai yang baik dengan harga yang lebih terjangkau, menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki anggaran lebih terbatas.

Spesifikasi Samsung Galaxys 23 FE

Dikutip dari okezone.com, ponsel terbaru Samsung, Galaxy S23 FE, dikabarkan akan rilis pada kuartal ketiga tahun 2023 ini. Seiring dengan waktu peluncurannya yang semakin dekat, bocoran terkait smartphone tersebut pun mulai mencuat di internet.

Dalam render yang dibocorkan OnLeaks, terungkap bahwa wujud Samsung Galaxy S23 FE bakal mirip dengan Galaxy A54. Ia hadir dengan membawa dimensi yang bahkan hampir identik, yaitu 158 x 76.3 x 8.2mm.

Samsung Galaxy S23 FE juga disebut punya tampilan punch-hole terpusat di bagian depan serta tiga kamera yang bercokol di dalam satu modul di cover beakang. Sementara bagian samping kanan diisi tombol volume dan power.

Bagian bawa Samsung Galaxy S23 FE terdapat port USB-C yang diapit oleh mikrofon dan speaker grille. Di bagian atas ada lubang lain, yang bisa jadi untuk mikrofon sekunder karena Galaxy A54 juga memilikinya di posisi yang sama.

 

Mempertimbangkan dimensinya, Samsung Galaxy S23 FE dapat mengemas layar 6,4", dan ini bisa menjadi panel AMOLED dengan pemindai sidik jari di bawahnya karena fitir tersedia tidak tertanam di tombol daya smartphone.

Dalam menopang kebutuhan fotografinya, dilengkapi kamera utama 50MP. Sedangkan dapur pacunya diisi dengan Exynos 2200 yang dipadukan dengan dua varian memori, yakni 6GB/8GB dan 128GB/256GB.

Samsung Galaxy S23 FE tak lupa dibekali baterai 4.500 mAh dengan pengisian daya 25W. Informasi ini telah terpampang dalam daftar pengajuan produk di agen 3C China dengan kode perangkat SM-S7110.

Belum banyak informasi terkait smartphone yang stau ini. Jadi kita tunggu saja informasi tambahannya dalam beberapa waktu kedepan, dirangkum dari GSM Arena.

Spesifikasi OPPO A78

OPPO memastikan akan membawa seri A terbaru mereka ke Indonesia, yakni A78. Bocoran gambar A78 pun sudah beredar melalui media sosial OPPO Indonesia.

OPPO A78 menghadirkan tekstur smart glossy strip yang hadir pada pilihan warna hijau. Desain OPPO A78 dilengkapi dengan modul kamera besar seperti pada perangkat Reno8 T series, memberikan gambaran kemampuan kamera yang lebih baik lagi, diperkirakan perangkat ini membawa megapixel tinggi pada kamera utamanya.

OPPO A78 hadir dengan ukuran tinggi 163,8 mm, lebar 75,1 mm dan ketebalan 7,99 mm dengan bobot 188 g. Pada unggahan stories akun Instagram OPPO Indonesia, OPPO A78 menawarkan 3 keunggulan lain pada sisi baterai, kualitas dan layar.

Namun, belum ada keterangan lanjutan mengenai detail dari ketiga keunggulan perangkat ini, yang sangat terlihat jelas, OPPO A78 akan mengusung fitur NFC sesuai dengan visual yang terpampang pada unggahan tersebut.

Dari sisi performa, diperkirakan akan ada beberapa peningkatan terutama sisi layar, sangat dimungkinkan sekali OPPO melakukan peningkatan layar yang tadinya berjenis IPS LCD pada OPPO A76 dan A77s.

A78 pun mengusung chipset mediaTek 6833, 8 core, hingga 2.2GHz. Sementara GPU Mali-G57 MC2 @950Mhz.

Adapun kapasitas RAM dan ROM yakni 8GB + 128GBm dengan RAM menggunakan LPDDR4X (2133MHz 2 x 16-bit). Adapun ROM yang digunakan , yakni UFS2.2 @ 2 Lanes HS-Gear3.

Sementara ukuran layar yang digunakan yakni 6,56 inchi, dengan resolusi 1612×720 dan refresh rate 90Hz. Adapun kedalaman yang dihadirkan yakni 16,7 juta warna (8-bit) dengan kerapatan pixel 269 PPI.

Pengisian daya juga diperkirakan akan ditingkatkan dari 33W SUPERVOOC 2.0 yang tadinya hadir di kedua suksesornya. Di Indonesia, OPPO A78 akan segera dijual di awal Juli 2023.

Kesimpulan:

Kedua smartphone, Samsung Galaxy S23 FE dan OPPO A78, menawarkan fitur dan kualitas yang baik dalam kategori harga mereka masing-masing. Jadi, pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mencari smartphone dengan kinerja dan kualitas kamera yang sangat baik, Samsung Galaxy S23 FE bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas tetapi masih ingin memiliki smartphone yang solid, OPPO A78 adalah pilihan yang baik. Sebaiknya perhatikan kebutuhan Anda dan lakukan riset lebih lanjut sebelum membuat keputusan pembelian.***