Penasaran dengan Suzuki XL7 Hybrid? Berikut Spesiftika dan Harganya

dok net

JAKARTA (SURYA24.COM)- Suzuki, sebagai salah satu produsen otomotif ternama, selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil yang andal, nyaman, dan efisien. Suzuki XL7 Hybrid adalah salah satu bukti komitmen Suzuki dalam menyajikan mobil yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan.

Desain Menarik dan Kabin Luas

Suzuki XL7 Hybrid tampil dengan desain yang modern dan dinamis. Gril depan yang mencolok dengan aksen krom memberikan kesan elegan, sementara lampu depan LED tajam menambah daya tariknya di malam hari. Garis-garis yang proporsional dan lekuk bodi yang aerodinamis juga berkontribusi pada tampilan menawan mobil ini.

Di dalam, Suzuki XL7 Hybrid menawarkan kabin luas yang dapat menampung hingga tujuh penumpang. Material berkualitas tinggi dan sentuhan desain yang terperinci menciptakan suasana interior yang nyaman dan menyenangkan. Fitur-fitur modern seperti sistem hiburan terintegrasi, konektivitas Bluetooth, dan koneksi USB membuat perjalanan lebih menyenangkan dan menghibur.

Performa Hybrid Canggih

Mesin menjadi salah satu aspek unggulan Suzuki XL7 Hybrid. Ditenagai oleh mesin bensin berkapasitas sedang yang efisien, dipadukan dengan motor listrik canggih, mobil ini menghadirkan performa yang impresif dan efisiensi bahan bakar yang mengesankan. Dengan adopsi teknologi hybrid, XL7 mampu berjalan dengan tenang menggunakan tenaga listrik saat kecepatan rendah, mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar, serta beralih secara mulus ke mesin bensin ketika diperlukan untuk memberikan daya lebih saat berkendara di jalan raya.

Fitur Keselamatan Terkini

 

Tentu saja, kenyamanan dan performa tidak cukup jika tidak diimbangi dengan fitur keselamatan yang andal. Suzuki XL7 Hybrid dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih, termasuk Sistem Rem Anti Terkunci (ABS), Distribusi Elektronik Rem (EBD), Sistem Stabilitas Elektronik (ESP), dan enam bantal udara, yang semuanya bertujuan untuk melindungi penumpang dari potensi bahaya dalam kecelakaan.

Harga Terjangkau

Salah satu keunggulan utama Suzuki XL7 Hybrid adalah harganya yang terjangkau. Dengan menawarkan mobil bertenaga hibrida dengan sejumlah fitur unggulan, Suzuki berkomitmen untuk menjadikan teknologi ramah lingkungan lebih terjangkau dan dapat diakses oleh masyarakat lebih luas.

Harga Suzuki XL7 Hybrid dapat bervariasi tergantung pada varian dan opsi tambahan yang dipilih, namun secara keseluruhan, mobil ini tetap menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan mobil keluarga yang efisien, andal, dan nyaman tanpa harus menguras kantong.

Hasil Tes Konsumsi BBM 

Mengutip carmudi.com , konsumsi BBM Suzuki New XL7 Hybrid menjadi sorotan utama dari sisa perjalanan test drive di Yogyakarta dan sekitarnya pekan lalu.

Di tengah isu lingkungan yang semakin mendesak, New XL7 Hybrid pun bisa menjadi solusi kendaraan ramah lingkungan dilihat dari sisi konsumsi bahan bakar.

Mengacu pada platform dan mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, tak heran jika harapan tinggi dihadirkan dalam hal efisiensi konsumsi BBM oleh Low SUV ini.

Ekspektasi ini muncul dari hasil pengetesan konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid tahun lalu yang kami nilai mengesankan.

Meskipun pengujian saat itu berlangsung dalam kondisi normal yang hanya melibatkan tanjakan landai di perjalanan menuju Batu, Malang, hasilnya sangat memuaskan.

Kembali ke perjalanan uji coba kami di Yogyakarta, rute test drive New XL7 Hybrid melibatkan kombinasi jalur yang beragam.

Mulai dari perjalanan di perkotaan yang lancar, kemacetan, tanjakan landai, hingga tantangan curam dan berbatu.

Sebelum kami memulai perjalanan, tangki bensin tersegel dengan rapat.

Hal ini dimaksudkan agar pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku penyelenggara dapat menghitung konsumsi BBM New XL7 Hybrid dengan metode full to full pada akhir perjalanan.

Dalam perjalanan ini, kami menempuh jarak hingga 200 km dalam 2 hari.

Hasil Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid

Ketika kami mencapai hari kedua media test drive, saatnya menghitung konsumsi BBM New XL7 Hybrid.

Hasilnya mengejutkan: mobil ini membutuhkan pengisian sebanyak 14,4 liter untuk tangki bensin kembali penuh.

Suzuki juga melakukan penghitungan sendiri dari mobil-mobil yang diuji, dan hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi BBM Suzuki New XL7 Hybrid mencapai rata-rata 13,8 km/liter.

“Selama pengujian efisiensi media dengan jarak tempuh 199 km, kami mengisi bahan bakar penuh sebanyak 14,44 liter. Rata-rata per liter adalah 13,8 km/liter,” jelas Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research & IT Network PT SIS.

Perlu dicatat, selama perjalanan kami lebih memfokuskan diri pada performa mesin.

Gaya berkendara kami pun bisa dibilang “nggak ECO-ECO banget”.

Ketika kami melakukan manuver menyalip atau menghadapi tanjakan curam, kami sering menggunakan Overdrive (OD) pada transmisi otomatis (AT) untuk menjaga putaran mesin tetap tinggi.

Dalam sesi test drive kami kerap menggunakan Overdrive (OD) untuk menjaga putaran mesin tetap tinggi. 

Meskipun begitu, angka konsumsi bahan bakar yang kami dapati tetap tergolong irit.

Jika digunakan dalam kondisi sehari-hari di lingkungan perkotaan, kami memprediksi bahwa konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid dapat mencapai lebih dari 1:20, sebanding dengan pencapaian Suzuki Ertiga Hybrid.

Sistem Integrated Smart Generator (ISG) dalam teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) terbukti berhasil mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan menjadikan mobil ini lebih ramah lingkungan.

Dengan sistem canggih ini, XL7 Hybrid dapat mati secara otomatis saat pedal rem diinjak hingga berhenti, lalu menyala kembali saat rem dilepas.

Selain memberikan kenyamanan dan kelincahan di jalanan, Suzuki XL7 Hybrid juga menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan.

 

Dalam era di mana isu lingkungan semakin mendesak, XL7 Hybrid muncul sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan kendaraan yang hemat bahan bakar tanpa mengorbankan performa serta harganya terjangkau.

Harga dan Spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid 2023, LSUV Murah!

written by Baghendra Lodra June 15, 2023

Varian Suzuki XL7 2023

 

Akhirnya harga dan spesifikasi Suzuki XL7 Hybrid 2023 resmi diumumkan dalam peluncuran di Jakarta pada Kamis (15/6/2023). Mobil ini dijual mulai Rp 283,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian XL7 Beta MT Hybrid. Tersedia pula varian bermesin konvensional dengan banderol mulai Rp 256,1 juta (OTR Jakarta) untuk varian XL7 Zeta MT. 

 

“XL7 Hybrid adalah kendaraan yang membuat pengamanan berkendara Anda sangat unik dan berkesan. Kami sungguh ingin Nex XL7 Hybrid ini dapat mendampingi hidup Anda yang penuh keseruan,” kata 4W Managing Director Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Matsushita Ryohei.

Dengan banderol tersebut, bagaimana spesifikasi XL7 Hybrid. Ubahan paling jelas adalah kehadiran teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang mirip punya Ertiga Hybrid. Hanya saja ada ubahan di kapasitas baterai lebih besar, kini pakai 10 Ah.

Kemudian Suzuki juga memberi banyak fitur modern untuk XL7 Hybrid seperti cruise control, e-mirror touchscreen, hill hold control (AT) dan gear shift indicator (MT). Fitur lain seperti auto retractable mirror, auto light with guide me light juga hadir. Begitu pula dengan engine auto start-stop.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi dan harga Suzuki XL7 Hybrid 2023? Apakah mobil LSUV ini lebih istimewa dibanding kompetitor seperti Honda BR-V, Daihatsu Terios, Toyota Rush hingga Mitsubishi Xpander Cross? Simak bahasan lengkapnya di sini:

Warna bodi two tone jadi keunggulan eksterior XL7 Hybrid

Dengan harga Suzuki XL7 2023 yang terjangkau, bagaimana dengan spesifikasinya? Mulai dari eksterior, SUV Suzuki ini mendapat beberapa ubahan dibanding model lamanya. Khusus untuk varian tertinggi atau XL7 Alpha Hybrid, punya pilihan warna bodi two tone dengan lebih banyak aksen hitam.

Kelir hitam bukan cuma muncul di atap, tapi juga grilee depan, dan velg. Lalu bicara pilihan warna bodi di varian Alpha, ada Savanna Ivory/Black, Sunrise Orange/Black, White/Black, dan Cool Black (monotone). Kemudian hadir emblem Alpha wran biru beserta logo hybrid di bodi belakang.

Bicara aksesori yang menempel di bodi mobil seperti skid plate dan roof rail seperti di XL7 lama masih dipertahankan. Dimensi keseluruhan juga tidak berbeda, masih dengan panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.740 mm dan jarak terendah ke tanah 200 mm. Ukuran velg pun tidak berbeda, masih pakai 16 inch dan ban 195/60 R16.

Baca juga  Bocoran 16 Mobil Terbaru Tahun 2023: CR-V Hybrid hingga X-Trail T33! (Updated)

Fitur-fitur eksterior di XL7 Hybrid 2023 adalah autolight with guide me light, auto retractable mirror, serta antena yang lebih pendek. Sistem pencahayaan depan LED dan kehadiran fog lamp, masih dipertahankan di model terbaru ini. Cukup istimewa bukan?

Interior XL7 Hybrid dengan Spion Dashcam Layar Sentuh

interior suzuki xl7 hybrid 2023

Ubahan interior Suzuki XL7 Hybrid terasa di warna kabin yang lebih gelap

Spesifikasi interior Suzuki XL7 Hybrid 2023 juga banyak berubah dibanding model lama. Begitu masuk ke dalam kabin, terasa warna interiornya lebih gelap dengan kombinasi abu-abu dan hitam. Lalu ada aksen kayu hitam di panel pintu dan dashboard.

Sementara itu untuk Daya tampung penumpang tetap 7-orang dengan konfigurasi tiga baris bangku 2+3+3. Jok baris keduanya juga masih tidak memiliki headrest tengah, walau demikian tersedia handrest. Soal balutan jok, pakai kombinasi kulit dan kain. Baik jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata lantai, sehingga menghasilkan ruang bagasi yang sangat luas untuk meletakkan barang.

Bicara fitur di interior XL7 Hybrid, ada tambahan berupa cruise control yang bisa membuat mobil melaju sendiri dengan kecepatan tertentu tanpa pedal gas diinjak. Ini tentunya penting untuk membuat rileks pengendara, utamanya ketika berkendara di jalan bebas mbatan.

Ada pula fitur e-mirror touchscreen, jadi spion mobil menggunakan layar digital yang terintegrasi dengan dashcam. Selain bisa menampilkan gambar di depan dan belakang mobil, e-mirror tersebut bisa merekam perjalanan. Ini merupakan salah satu kelebihan XL7 Hybrid yang tidak dipunya kompetitor seperti Daihatsu Terios, Honda BR-V, Toyota Rush, hingga Mitsubishi Xpander Cross.

Suzuki juga memberi XL7 fitur new gear shift indacator untuk varian MT Hybrid yang bisa memberitahukan waktu terbaik untuk pindah gigi. Hadir pula hill hold control khusus varian AT Hybrid untuk meningkatkan keampuan menanjak.

Lalu bagaimana dengan sistem keselamatannya? Suzuki masih mempertahankan yang ada di model lama, seperti anti-lock braking system (ABS), electronic stability programme (ESP), dual airbag, dan electronic brake distribution (EBD). Jangan harap ada fitur-fitur canggih seperti bisa mengerem sendiri, seperti yang ada di Honda Sensing milik BR-V.

Performa Mesin Hybrid di XL7 Terbaru

Mengutip moladin.com, Suzuki XL7 Hybrid 2023 sayangnya cuma pakai teknologi mild hybrid atau smart hybrid vehicle by suzuki (SHVS). Dengan kata lain, tidak ada motor elektrik sama sekali.

Kurang lebih teknologinya sama dengan Ertiga Hybrid, di mana XL7 terbaru pakai mesin 4 silinder K15B yang digabungkan dengan teknologi ISG dan baterai Lithium-ion. Pembedanya adalah kapasitas baterainya kini lebih besar yaitu 10 Ah. Ini diklaim bisa menampung tenaga listrik lebih banyak.

Baterai lebih besar memungkinan fungsi engine auto start-stop bekerja lebih optimal untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan. Setidaknya itulah klaim Suzuki.

 

Mesin bensinnya sendiri berkapasitas 1.462 cc yang mampu mengeluarkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk transmisinya, XL7 terbaru dengan teknologi hybrid tersedia dalam pilihan manual (MT) 5-percepatan dan otomatis (AT) 4-percepatan. Tentunya spesifikasi ini berbeda dibandingkan XL6 Hybrid di India yang pakai transmisi 6-percepatan.

“Penggunaan teknologi SHVS menjadikan New XL7 Hybrid sebagai pelopor SUV 7 penumpang di kelasnya yang menggunakan teknologi hybrid. Keluarga Indonesia bisa segera merasakan pengalaman baru berpetualang bersama New XL7 Hybrid sekaligus berkontribusi positif terhadap lingkungan,” kata Matsushita Ryohei.

Hanya saja penggunaan mesin mild hybrid cuma ada di varian XL7 Beta dan Alpha. Sementara di XL7 Zeta 2023, masih mengandalkan mesin konvensional tanpa teknologi SHVS.

Garansi Baterai Lithium-ion 8 Tahun

Kemudian yang menarik dari peluncuran Suzuki XL7 2023, pabrikan berlogo S sekaligus mengumumkan garansi resmi baterai Lithium-ion di mobil hybrid miliknya diperpanjang hingga 8 tahun. Ini berlaku bukan cuma buat XL7 terbaru, tapi juga Ertiga Hybrid dan Suzuki Grand Vitara Hybrid.

 

“Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun,” beber rilis resmi Suzuki.

Dengan spesifikasi tersebut, harga Suzuki XL7 Hybrid 2023 yang mulai Rp 283,9 juta untuk varian Beta MT apakah kemahalan? Sepertinya tidak, apalagi kenaikannya cuma sekitar Rp 12 jutaan dibanding model lama. Sementara untuk XL7 Zeta yang masih pakai mesin bensin konvensional, harganya cuma naik Rp 2 jutaan.

Berikut detail varian, serta daftar harga Suzuki XL7 2023 varian hybrid dan nonhybrid:

    New Suzuki XL7 Beta MT Hybrid: Rp 283.900.000

    New Suzuki XL7 Beta AT Hybrid: Rp 294.900.000

    New Suzuki XL7 Alpha MT Hybrid: Rp 293.900.000

    New Suzuki XL7 Alpha AT Hybrid: Rp 304.900.000

    New Suzuki XL7 Zeta MT: Rp 256.100.000

    New Suzuki XL7 Zeta AT: Rp 267.100.000

 

Jika menurut kamu kemahalan, sales Suzuki menjelaskan bahwa ada diskon untuk XL7 terbaru. Tidak tanggung-tanggung, mereka menyediakan potongan harga DP hingga Rp 24 juta. Menarik bukan, untuk sebuah mobil baru.

Ada pula paket promo Suzuki XL7 Hybrid pada Juni 2023, berupa free angsuran 2 bulan, DP mulai 10 persen, tenor maksimal bisa 8 tahun, bunga ringan, hingga free aksesori. Kemudian untuk cicilannya, termurah adalah 5,6 juta per bulan dan DP Rp 35 jutaan.

Buat konsumen yang melakukan pemesanan Suzuki XL7 terbaru sebelum peluncuran, sales mengatakan bahwa unit sudah bisa dikirimkan setelah peluncuran atau akhir Juni 2023. Wajar, kalau unit XL7 Hybrid tidak sulit didapatkan oleh konsumen Tanah Air, pasalnya mobil ini adalah produksi lokal.

“Bagi masyarakat yang menginginkan New XL7 Hybrid, tidak perlu khawatir karena unit baru ini telah tersedia di dilerresmi Suzuki Indonesia,” tutup Matsushita Ryohei.

Kesimpulan

Suzuki XL7 Hybrid adalah perwujudan komitmen Suzuki dalam menyajikan mobil ramah lingkungan yang tidak mengorbankan performa dan kenyamanan. Dengan desain menarik, kabin luas, performa hybrid canggih, dan fitur keselamatan terkini, XL7 Hybrid menjadi pilihan yang tepat untuk keluarga yang mencari kendaraan praktis, efisien, dan dapat diandalkan.

Dengan harga terjangkau, Suzuki XL7 Hybrid memperkuat posisinya sebagai salah satu opsi yang menarik di segmen mobil keluarga. Jadi, bagi Anda yang mengutamakan efisiensi dan keandalan, Suzuki XL7 Hybrid layak dipertimbangkan sebagai mitra perjalanan keluarga Anda.***