Dua Resep Makanan Khas yang Perlu Kamu Coba Diawal Pekan

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM) –  Setelah menikmati akhir pekan  bersama keluarga memiliki keasyikan tersendiri. Setelah menggeluti rutinitas antara rumah tempat pekerjaan yang membuat kita jarang memasak. Alih-alih catering atau membeli lauk-pauk yang sudah menjadi  pilihan. Nah tidak ada salahnya dua resep ini bisa menjadi pilihan kamu untuk santai bersama anggota keluarga. Karena ngga ribet bisa dikerjakan usai pulang kerja  

Ya, tak berselang lama sejak popularitas seblak cobek, Rafael Tan, selebritas Tanah Air, kembali membuat kreasi aci ala dirinya. Kali ini, Rafael membuat seblak papeda, yakni perpaduan papeda dengan kuah seblak yang pedas dan gurih. Kamu juga bisa membuat seblak papeda viral di rumah.

Mengutip kompas.com, caranya dengan membuat papeda terpisah, lalu mencampurnya dengan bumbu seblak. Resep papeda diambil dari buku "Makanan Minuman Populer Indonesia Dari Sagu Ambon" (2013) oleh Elsye Syauta Latuheru, Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Resep kuah seblak diambil dari buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) oleh Dhila Sina terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Bahan papeda:

 400 ml air 

1/2 sdt garam 

150 gr sagu basah 

Bahan kuah seblak: 

1 butir telur 

4 siung bawang putih 

2 ruas kencur 

2 buah cabai merah besar 

5 buah cabai rawit merah 

Kaldu bubuk secukupnya 

Minyak secukupnya 

Cara membuat seblak papeda 

1. Masak air dan garam hingga mendidih, angkat. Tuang ke tepung sagu dalam panci sambil aduk agar tepung tercampur rata. 

2. Masak sejenak adonan di atas api sedang hingga tepung matang sempurna, angkat. Tuang ke dalam cetakan atau mangkuk, sisihkan. 

3. Panaskan minyak, masukkan telur dan buat orak-arik. Masukkan bumbu halus (bawang putih, kencur, cabai merah besar, dan cabai rawit merah), tumis sampai wangi. 

4. Tambahkan air dan kaldu bubuk secukupnya. Masak hingga mendidih. 

5. Tuang kuah seblak ke papeda. Sajikan.

Resep Capcay Sayur dengan Bahan Sederhana 

Seperti diketahui capcay merupakan hidangan khas chinese food yang terdiri dari sayuran, ditambahkan ayam, seafood, atau jamur. Capcay sayur dapat dibuat dengan bahan sederhana seperti wortel, kembang kol, sawi putih, ayam suwir, bawang merah, bawang putih, dan merica. 

Capcay sayur dapat disajikan bersama nasi hangat untuk menu makan malam praktis dan sehat. Simak resep capcay sayur berikut ini, dikutip dari buku "Resep Masakan Rumahan" karya Nuzulul Rahma terbitan Pustaka Taman Ilmu.

Resep Capcay Sayur Sederhana

Bahan: 

3 buah wortel 

1 buah bungkul atau kembang kol 

1 ikat sawi putih 

28 gram ayam suwir 

Bumbu halus: 

5 biji bawang merah 

3 biji bawang putih 

5 butir merica 

Cara membuat capcay sayur sederhana: 

1. Haluskan semua bumbu dan tumis sampai harum. 

2. Masukkan semua sayuran yang sudah bersih. 

3. Cicipi rasa dan capcay sayur siap dinikmati. 

Nah dua resep semoga bermanfaat bagi bunda sehingga momen kebersamaan diakhir pekan lebih indah lagi.***