Antisipasi Virus Corona, Forum Perangkat Daerah Dilaksanakan Secara Online

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ir. H. Azwan, M.Si

BANGKINANG (Surya24.Com) -Sehubungan dengan tindaklanjut Penanggulangan Bencana Covid-19  yakni menunda dan membatasi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, maka pelaksanaan Forum Gabungan Perangkat Daerah (PD)  Lingkup Pemerintahan Kabupaten Kampar dilaksanakan secara online dan pertemuan terbatas Pelaksanaan Forum PD secara online ini dimulai Rabu (18/3/20).

Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, Ir. H. Azwan, M.Si kepada wartawan, Rabu (18/3/20). "Pemkab Kampar tetap melaksanakan forum perangkat daerah sesuai jadwal, tapi dalam bentuk online dan pertemuan terbatas, hal ini dilakukan dalam upaya antisipasi virus Corona," ujar Azwan.

Disampaikan Azwan bawah terkait dengan pelaksanaan forum PD secara online ini, Bupati Kampar telah menyurati Kepala Perangkat Daerah   dilingkup Pemerintah Kabupaten Kampar tertanggal 17 Maret 2020. Di dalam surat tersebut disampaikan bahwa Penanggungjawab pelaksana Forum Gabungan Perangkat Daerah adalah Koordinator yang di tunjuk berdasarkan surat Bupati Kampar Nomor : 050/Bappeda-I.3/202 tanggal 11 Maret 2020. 

Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia koordinator Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.
Bidang Perekonomian dan SDA koordinator Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan koordinator Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang Kabupaten Kampar.

Koordinator bertanggung jawab memfasilitasi dan mengumpulkan hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah masing-masing bidang. Kemudian Koordinator Forum Gabungan Perangkat Daerah berkoordinasi dengan Kepala Bidang terkait di Bappeda untuk membuat Grup Whatapps agar mempermudah koordinasi. 

"Pembahasan agenda Forum dilaksanakan melalui grup whatapps tersebut, dan jika memungkinkan gunakan teleconference dengan whatapps tersebut," jelas Azwan.

Selanjutnya, hasil pembahasan tersebut disampaikan kepada Kepala Bappeda  Kabupaten Kampar melalui bidang teknis koordinatornya untuk dilakukan pembahasan pra-musrenbang berupa validasi usulan oleh bidang teknis dimaksud tanggal 20 Maret 2020.

Seterusnya, Bidang teknis Bappeda yang sudah melakukan validasi terhadap hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah, menyampaikan hasilnya kepada  Kepala Bappeda melalui Bidang Litbang, Perencanaan dan Pengendalian berupa Softcopy pada tanggal 23 Maret 2020.

Disampaikan Azwan bahwa hasil evaluasi  hari pertama pelaksanaan forum PD sistem online ini berjalan lancar. Pembahasan digrup Whatapps  sangat dinamis. "Kita berharap kedepan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan rangkaian Musrenbang dapat berjalan dengan baik," harap Azwan. (Hasbi)