Road To HUT PT KPI ke-6, PT KPI Unit Dumai Selenggarakan Media Visit ke Area Kilang Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Dalam rangka memperkenalkan kilang dan fasilitasnya secara lebih dekat serta sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Road to Hari Ulang Tahun (HUT) PT KPI ke-6, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai selenggarakan Media Visit bersama sejumlah wartawan, Sabtu (21/10). 

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan cara perusahaan untuk memperkuat silaturahmi dengan stakeholder, dalam hal ini wartawan, serta mengajak wartawan untuk secara langsung melihat fasilitas yang ada di dalam kilang. 

“Media visit ini merupakan salah satu kegiatan yang kami agendakan dalam rangka HUT PT KPI yang ke-6. Harapannya adalah untuk dapat memberikan gambaran lebih nyata kepada wartawan mengenai proses bisnis yang kami jalankan disini,” jelasnya. 

Media Visit ini dilakukan oleh PT KPI Unit Dumai mengingat wartawan merupakan salah satu mitra strategis dalam menyampaikan informasi perusahaan kepada masyarakat luas. 

Pada kegiatan kali ini, sebanyak 22 orang wartawan diajak berkunjung ke fasilitas Demo Room. Disana dipaparkan overview singkat PT KPI Unit Dumai. Selain itu, dijelaskan pula program-program inisiatif yang sedang dikerjakakan guna meningkatkan keandalan kilang maupun efisiensi penggunan sumber daya. 

Setelah itu, semua peserta diajak masuk ke area kilang untuk mengunjungi sejumlah fasilitas, seperti Main Control Room (MCR) yang berfungsi sebagai pusat pengendali segala aktivitas yang ada di kilang, Laboratorium yang salah satunya berfungsi sebagai tempat penelitian dan quality control produk yang dihasilkan, serta Fire Station yang berfungsi sebagai pusat pemantauan aspek safety kilang Dumai. 

Agustiawan berharap setelah kegiatan kali ini kerjasama antara perusahaan dengan wartawan menjadi semakin baik dan menimbulkan rasa memiliki atas kilang Dumai yang berperan dalam menyuplai lebih dari 20% kebutuhan energi nasional. 

“Selain itu, semoga media visit kali ini bisa menimbulkan ide dan kreatifitas bagi para wartawan untuk menghasilkan karya jurnalistik yang menarik untuk kemudian dapat dilombakan dalam ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina 2023 yang kembali digelar,” tutup Agustiawan. 

Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) merupakan ajang tahunan sebagai langkah apresiasi Pertamina terhadap insan pers yang telah berkontribusi terhadap pemberitaan positif perusahaan. 

Tema AJP tahun 2023 ini adalah *Energizing The Nation*. Dari tagline tersebut, Pertamina mengajak insan pers untuk mengangkat informasi mengenai hal yang bersifat pelayanan, kepedulian, pengabdian, kontribusi perusahaan, keterbukaan dan transparansi atas kemajuan di bidang energi, CSR, pemberdayaan masyarakat, dan program mitra binaan untuk UMKM. 

Kategori yang dilombakan dalam ajang AJP ini adalah kategori media cetak, media online, media radio, media televisi, kategori essay foto, serta kategori publikasi CSR dan UMKM. Penjelasan detail terkait AJP 2023 dapat diakses melalui pertamina.com/id/anugerah-jurnalistik-pertamina-2023. (rls)