GALERI FOTO DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA DUMAI

Disdikbud Kota Dumai Adakan Lomba Desain Batik

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Dumai, Ainawati, S.Sos, M.Si memberi kata sambutan

DUMAI (Surya24.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai gelar Lomba Desain Batik, pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2023. Pelaksanaan lomba Desain Batik tersebut diadakan di Hotel Sonaview jalan Pattimura Kelurahan Dumai Kota. 

Lomba Desain Batik se Kota Dumai tahun 2023 ini di buka oleh Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal SKM. Perlombaan itu sendiri bertujuan agar batik hasil kerajinan tangan semakin dikenal masyarakat. 

Kepala Bidang Kebudayaan sekaligus sebagai Ketua Panitia penyelenggara Lomba Desain Batik se Kota Dumai tahun 2023, Ainawati, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada kepada dewan juri dan seluruh peserta lomba yang hadir. 

Dalam sambutannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa dasar hukum diselenggarakannya kegiatan ini adalah Undang - Undang Dasar 1945 pasal 32 ayat 1 dan Undang - Undang nomor 5 tahun 2017 tentang Kemajuan Kebudayaan. 

"Peserta lomba desain batik berasal dari tujuh kecamatan dan di ikuti juga oleh para pelajar dari sekolah - sekolah yang ada di kota Dumai", ungkap Kabid Kebudayaan, Ainawati. 

Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal SKM menyambut baik dan berharap nantinya batik asli Kota Dumai bisa terkenal dan juga dapat memberi nilai tambah bagi perekonomian masyarakat. 

"Bagaimana agar nantinya pengrajin batik kita bisa terus kreatif dan inovatif dalam membuat produk yang memiliki daya tarik sehingga dikenal luas di masyarakat. Kerajinan batik yang semakin berkembang tentu akan membuka lapangan pekerjaan baru di Kota Dumai Idaman", ujar Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal SKM dalam sambutannya. 

Dihari berikutnya, Sabtu (21/10/2023), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Hj Yusmanidar, S.Sos M.Si menyerahkan hadiah Perlombaan Desain Batik sekaligus menutup kegiatan. Desain seni rupa motif batik terbaik akan didaftarkan ke HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar menjadi identitas asli dari Kota Dumai dan bisa memberikan nilai ekonomi baru bagi masyarakat. 

Dewan Juri, Amron Salmon yang dikenal sebagai pelaku seni rupa sekaligus pelopor batik motif Melayu Riau asal Pekanbaru mengumumkan hasil perlombaan. 

Amron Salmon menyampaikan beberapa pandangan dan penilaian terkait dengan hasil karya seni motif batik yang telah di ikut sertakan dalam lomba. 

"Penilaian dari para dewan juri ini tidak dibuat-buat atau menguntungkan pihak tertentu. Sejauh ini semua peserta telah memberikan hasil karya terbaik serta maksimal meskipun ada beberapa evaluasi yang harus dilakukan. Terima kasih kepada peserta yang mengikuti perlombaan desain batik kali ini, " ujar Amron Salmon mengawali pengumumannya. 

Pemenang lomba desain batik untuk Juara 4 adalah Audrey Vanessa, Juara 3 Rahmiyati Nur Ramadhan, Juara 2 Lutfa Raihana dan Juara 1 Ahmad Namo. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah dengan total jutaan rupiah. 

Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj Leni Ramaini Paisal SKM yang juga turut hadir saat pengumuman pemenang lomba terlihat begitu takjub dan terkesan melihat motif batik yang dihasilkan para pemenang. 

Selain itu Hj Leni Ramaini Paisal SKM juga melihat lebih dekat sekaligus mendengarkan penjelasan dari para pemenang dan dewan juri Amron Salmon tentang filosofi motif batik dan karya seni rupa yang di hasilkan.(Disdikbud Kota Dumai)