Warga S3 Dumai Adakan Pertemuan Sambung Rasa dengan Wali Kota Solok

Foto: Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan, S.Ag menyerahkan Cendera Mata kepada Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar SH, M.Si

DUMAI (Surya24.com) - Untuk mempererat silaturahmi antar dua pemerintah kota, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggelar acara malam silaturahmi bersama Pemko Solok dan masyarakat Dumai asal Solok, bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Sabtu (28/10/2023). 

Acara silaturahmi yang mengusung tema "Nan Jauah Dipadakek, Nan Dakek Dipa'arek, Sarumpun Pantang Bacarai", dihadiri oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar SH, M.Si beserta rombongan, Anggota DPR RI, H. Arsyad Juliandi Rahman, MBA, Ketua Solok Saiyo Sakato (S3) Kota Dumai, H. Ediswan, S.Ag dan jajaran. 

Diawali dengan jamuan santap malam bersama, momen silaturahmi dan Sambung Rasa tersebut berlangsung secara sederhana, namun penuh dengan suasana kekeluargaan dan keakraban yang hangat. 

Foto Ketua Solok Saiyo Sakato (S3) Kota Dumai, Ediswan S.Ag memberi kata sambutan

Usai jamuan makan malam, Ketua Solok Saiyo Sakato (S3), Ediswan, S.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa S3 terhimpun didalamnya warga Dumai asal Kota Solok, Solok Kabupaten dan Kabupaten Solok Selatan. 

S3 juga membawahi 10 Ikatan Keluarga (IK) diantaranya Persatuan Warga Kota Solok (PWKOS), Sulit Air Sepakat (SAS), Ikatan Keluarga Kacang (IKKa), Ikatan Keluarga Talang Sekitarnya (IKTAS), Ikatan Keluarga Cupak (IKC). 

Selain itu, ada Ikatan Keluarga Surian Muara Labuah dan Alahan Panjang (IKASMA), Ikatan Keluarga Koto Sani (IKKOS), Kerukunan Warga Kinari Sekitarnya (KWKS), Kerukunan Warga Tanjung Balit (Kwartab) dan Ikatan Keluarga Lembang Jaya dan Sekitarnya (IKLDS). 

Foto: Ketua S3 Kota Dumai menyerahkan Cendera Mata kepada Wali Kota Dumai 

Ketua S3 Kota Dumai mengatakan, sebenarnya warga S3 Dumai banyak yang mau hadir pada acara silaturahmi dan sambung rasa bersama Wali Kota Solok dan Wali Kota Dumai ini, tapi karena kondisi tak bisa diakomodir karena undangan terbatas, hanya bisa 200 orang saja. Ediswan juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Wali Kota Solok beserta jajaran ke Kota Dumai. 

" Warga S3 yang ada di Kota Dumai kurang lebih 1.727 KK. Warga Dumai asal Solok terdiri dari berbagai profesi, ada yang bekerja di pemerintahan seperti LPMK, Lurah, ada pengusaha, TNI-Polri, ada yang menjadi pedagang dan ada juga di partai politik, " ujar Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan pada acara sambung rasa tersebut. 

Ediswan menyebutkan, S3 Kota Dumai saat ini sudah mempunyai tanah pekuburan di daerah Kelurahan Bukit Timah dengan ukuran 40 x 200 meter. S3 juga telah memiliki tanah Sekretariat di daerah bundaran Jalan Soekarno-Hatta dan saat ini tinggal pembangunannya saja. 

Foto: Tamu undangan pada acara silaturahmi warga Dumai asal Solok dengan Wali Kota Solok dan Wali Kota Dumai 

Atas nama Pemko Dumai, Datuk Seri Setia Amanah, H. Paisal menyambut baik kedatangan Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar SH, M.Si beserta rombongan di Dumai Kota Idaman. "Pertemuan ini merupakan suatu keberkahan bagi Kota Dumai. Jujur, kami senang sekali silaturahim kami dengan Solok terus berjalan," tuturnya. 

Orang nomor satu Dumai mengungkapkan, pertemuan ini merupakan balasan dari kunjungan Pemko Dumai ke Kota Solok beberapa waktu lalu. "Alhamdulillah, pada saat kami berkunjung ke Solok kemarin, kami disambut dengan baik dan ramah. Kotanya pun nyaman. Semoga dibawah kepemimpinan Buya kami, Bapak H. Zul Elfian Umar, Kota Solok terus mendapat keberkahan," ungkap H. Paisal. 

Ia berpesan dalam sambutannya kepada segenap masyarakat Dumai, terkhusus kepada warga Dumai asal Solok untuk bersama saling menjaga kondusivitas, agar para tamu dari dalam dan luar negeri nyaman dan betah berkunjung ke Kota Dumai. 

Foto: Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan menyerahkan cendera mata kepada anggota DPR RI, Arsyadjuliandi Rachman 

"Dumai sebagai kawasan pelabuhan dan industri memang sudah lama dikenal, tapi kita ingin menambah bahwa Kota Dumai kini merupakan kota yang tepat untuk dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, karena Dumai sudah ada ikon-ikon terbaik seperti Dumai Islamic Center, Eco Park, Taman Bukit Gelanggang, Kampung Kuliner dan masih banyak lagi," sebutnya. 

Sementara itu, Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Dumai H. Paisal karena telah menyambut dengan hangat kedatangannya beserta rombongan di Kota Dumai sekaligus menginisiasi pertemuan silaturahmi bersama S3 dan warganya yang berada di Kota Dumai. 

"Terima kasih pak wali atas sambutannya kepada kami. Semoga silaturahmi antar Kota Dumai dan Kota Solok dapat terus terjalin dengan erat dan kami doakan semoga Kota Dumai dibawah kepemimpinan pak wali menjadi Kota Idaman yang selalu dilimpahkan keberkahan oleh Allah SWT," pungkasnya. 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata berupa pelakat dari Wali Kota Dumai kepada Wali Kota Solok dan sebaliknya. Kemudian, dilangsungkan juga penyerahan cendera mata dari Ketua S3 Kota Dumai, kepada Wali Kota Dumai, Wali Kota Solok, dan Anggota DPR RI. 

Turut hadir Kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai, Kepala OPD di lingkungan Pemko Solok, Ketua Ketua IKA dibawah naungan S3 Kota Dumai, ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, urang sumando, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya. 

Selanjutnya acara diisi dengan Sambung Rasa antara Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, Anggota DPR RI, H. Arsyad Juliandi Rahman yang juga Dewan Penasehat Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) dan warga Dumai asal Solok. Sambung rasa dipandu oleh Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan didampingi Bundo Kanduang S3 yang juga Ketua Umum Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR) Kota Dumai, Elmayati, S.Pd dan Sekretaris S3, Yosfider Gumanti.(cu)