GALERI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA DUMAI

Masyarakat Dumai Banjiri Bukit Gelanggang Saksikan Gema Riuh Festival 2023

Foto: Sekda Kota Dumai, H Indra Gunawan memukul Gong tanda dibukanya Gema Riuh Festival dan Pentas Seni Rakyat Multi Etnis 2023 bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hj Yusmanidar, para Pembina Seni dan Budaya, Sabtu (2/12/2023) malam.

DUMAI (Surya24.com) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dusdikbud) Kota Dumai bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diskopar) serta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Dumai adakan Gema Riuh Festival 2023. 

Gema Riuh Festival dan Pentas Seni Rakyat Multi Etnis 2023 ini diadakan di Taman Bukit Gelanggang (TBG) Dumai, Sabtu (2/12/2023) malam. Festival dan Pentas Seni Rakyat itu dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H Indra Gunawan, S.IP, M.Si. 

Masyarakat Dumai membanjiri Taman Bukit Gelanggang itu, selain adanya Festival juga dihibur oleh Artis Ibu Kota, Iyet Bustami. Didepan Taman Bukit Gelanggang ini juga ada Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjual berbagai makan dan minuman serta sejumlah stan lainnya seperti menjual pakaian, dan berbagai produk lainnya. 

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Andi Qodri, ST mengatakan, masyarakat Dumai khususnya anak-anak muda perlu hiburan seperti ini, juga dapat ikut andil dalam menambah kreatifitas. 

" Taman Bukit Gelanggang selalu dipakai sebagai tempat berbagai acara, dan taman ini adalah binaan Pemerintah Kota Dumai. Semoga Gema Riuh Festival 2023 dan Pentas Seni Rakyat Multi Etnis 2023 dapat menghibur masyarakat Kota Dumai, "ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H Indra Gunawan saat membuka Festival dan Pentas Budaya Multi Etnis mengatakan Taman Bukit Gelanggang makin dipercantik untuk dapat dipakai berbagai iven. 

" Kita sangat mendukung terlaksananya Gema Riuh Festival dan Pentas Seni Rakyat Multi Etnis 2023 ini. Budaya kita ini mesti kita lestarikan. Kegiatan ini dimotori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, serta KNPI Kota Dumai, " kata Sekda. 

Taman Bukit Gelanggang ini sering diadakan iven sebagai pusat seni budaya, taman rekreasi, perbelanjaan, kegiatan keagamaan dan lainnya. 

" Iven ini telah dilaksanakan dari bulan Mei yang lalu dan diikuti oleh pelajar SMP dan SMA sederajat. Kita sudah laksanakan di beberapa kecamatan yang ada di Kota Dumai. Kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata serta KNPI Kota Dumai yang telah menyelengarakan kegiatan ini, " kata Sekda. 

Pada kesempatan itu, pengharagaan kepada Pemko Dumai diberikan oleh salah satu Sanggar di Kota Dumai. Acara diisi persembahan oleh Marching Band Gita Wibawa Praja binaan Pemko Dumai yang meraih prestasi di tingkat lokal maupun tingkat nasional. Jumlah pemain dalam grup ini sebanyak 60 orang. 

Selanjutnya persembahan dari Sanggar Tari Bunga Rosina, tarian dari Sanggar Adi Warna Nataya Ikatan Keluarga Bali (IKB), Sanggar Bunga Rampai dari Kabupaten Siak, tari Zapin kreasi modern, Orkes Melayu Orang Kampung (OMOK) dari Kabupaten Siak, dan Musik Pura Mahligai mengiringi artis Ibu Kota, Iyet Bustami. Ada juga hadiah dari Vila Farfum untuk warga Dumai yang berhasil menjawab pertanyaan dari panitia. 

Selain itu, Iyet Bustami yang juga Caleg DPR RI menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemko Dumai yang memintanya untuk mengisi acara Gema Riuh Festival 2023 dan Pentas Seni Rakyat Multi Etnis 2023. 

" Saya melihat ada jajanan tradisional yang masyarakat butuhkan dan ini tentunya membahagiakan masyarakat Kota Dumai dan ini memang dipersembahkan untuk masyarakat Dumai, " sebutnya. 

Pada kesempatan itu, Iyet Bustami bersama suaminya yang dulu juga artis dan sinetron. Ada juga lagu duet bersama Iyet Bustami dan penciptanya ternyata suaminya sendiri. 

Begitu Iyet Bustami naik pentas masyarakat merapat makin mendekati panggung. Penggemar juga ada yang datang dari Rokan Hilir ((Rohil) serta hadir dari beberapa kabupaten lainnya. 

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Kota Dumai, H Indra Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Hj Yusmanidar S.Sos MSi, Kepala Bidang Budaya, Ainawati, S.Sos, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Syahrinaldi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Pimpinan OPD, perwakilan Polres Dumai, perwakilan Dandim Dumai, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pelaku UMKM, para Pembina Seni dan Budaya serta undangan lainnya.(Disdikbud Kota Dumai)