Dinas Perikanan Dumai Lakukan Sosialisasi Antisipasi Wabah Corona

Dinas Perikanan Kota Dumai berkeliling menyampaikan imbauan antisipasi penyebaran virus corona ke warga kecamatan Dumai Barat

DUMAI (Surya24.com) - Semakin khawatirnya masyarakat terhadap ancaman Virus Corona terjadi saat ini, membuat pemerintah mencarikan berbagai solusi untuk pencegahan. Berbagai upaya dilakukan agar penyakit yang mengkhawatirkan tersebut dapat di tekan penularannya. Pada hari Kamis (27/3/2020) Dinas Perikanan Kota Dumai menggelar upaya agar penyakit tersebut dapat dicegah dengan menyampaikan imbauan kepada masyarakat.

" Ini kami lakukan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang bahaya Virus Corona. Hari ini kami menyampaikan imbauan kepada masyarakat di Kecanatan Dumai Barat. Kami mulai bergerak dari kantor Dinas Perikanan melalui jalan lintas Purnama-Lubuk Gaung, pasar Dock Yar, jalan Dock Yar, jalan Kelakap Tujuh, jalan lintas areal kantor Polsek Dumai Barat, dan jalan-jalan kecil padat penduduk, " terang Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai Affifuddinsyah.

Dinas Perikanan Dumai dan Kecamatan Dumai Barat menyampaikan imbauan kepada warga agar mencegah penularan Covid 19 (Wabah Corona). Pertama sering mencuci tangan menggunakan sabun. Kedua menggunakan masker dan jaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain. Ketiga setelah bepergian, sesampainya di rumah segera mandi dan ganti baju untuk melindungi anggota keluarga.

Keempat mengkosumsi makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak makan sayur, buah dan ikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kelima bila batuk dan sesak nafas segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. 

" Mari kita kurangi resiko agar tidak terjangkit Coronavirus. Tetap waspada. Bila mengalami gejala demam, batuk disertai dengan kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat," sebut Afifuddin.

Afifudin menambahkan sesuai imbauan tersebut agar warga menjaga kebersihan tangan, dengan cara mencuci tangan dengan air dan sabun, serta bilas setidaknya 20 detik dan keringkan dengan handuk atau tissue.

" Menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Jaga jarak minimal 1 meter dan hindari kontak langsung dengan orang sakit. Kosumsi makanan yang dimasak dan higienis. Perbanyak makan sayur, buah dan ikan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat agar terhindar dari virus corona, "pungkas Affifuddin.

Sebelumnya, kata Afifuddin, dinas tersebut juga melakukan gotong royong untuk kebersihan dan penyemprotan disinfektan sepanjang jalan Sudirman, Sultan Syarif Kasim, jalan Sukajadi bersama Walikota Dumai, Polres Dumai dan beberapa instansi lainnya menggunakan mobil penyemprotan milik kepolisian, PT Pelindo Dumai dan Wilmar. (cu)