Bupati Bengkalis Kasmarni Terima Penghargaan Meritokrasi KASN 2023

BENGKALIS (Surya24.com) - Bupati Bengkalis Kasmarni kembali menerima penghargaan. Penghargaan yang diraih oleh Orang Nomor Satu di Kabupaten Bengkalis tersebut yakni Anugerah Meritokrasi KASN tahun 2023, Kamis, 7 Desember 2023, di Ballroom Hotel Marriot Yogjakarta. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KASN Republik Indonesia Agus Pramusinto. Anugerah Meritokrasi merupakan penghargaan yang diserahkan kepada Instansi yang telah menerapkan sistem merit dalam instansinya dengan baik, dimulai dari penerapan sistem manajemen ASN berdasar kualifikasi, kompetensi dan terbuka tanpa adanya diskriminasi, baik sejak pengajuan formasi hingga saat pemilihan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. 

Tahun 2023 ini, terdapat 143 instansi kementerian dan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota yang meraih penghargaan ini. 

Sementara itu di Provinsi Riau, terdapat 3 Kabupaten yang mendapatkan anugerah Meritokrasi KASN 2023 ini yakni, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir. 

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sudah mengikuti penerapan sistem ini sejak 2021, dan ditahun 2023 ini, Kabupaten Bengkalis menerima anugerah dengan 2 Kategori penghargaan, dengan nilai sistem merit 285,5 kategori baik dan Indeks Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi dengan nilai 84,62 kategori baik. 

Dalam sambutannya, Kepala KASN mengucapkan selamat kepada Kementerian, dan Instansi Pemerintah yang telah mendapatkan penghargaan anugerah ini. 

Beliau berharap kedepan Kabupaten/Kota yang belum meraih anugerah ini, diharapkan segera mengejar dan menerapkan sistem merit dan manajemen ASN yang baik.

"Jadi bagi yang sudah mendapatkan predikat baik, kami harap kedepan bisa ditingkatkan, agar kedepan kualitas SDM ASN kita semakin baik, dan tentunya berprestasi," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Bengkalis usai menghadiri kegiatan ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah khususnya Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bengkalis yang sudah melaksanakannya kinerjanya dengan baik. 

"Tapi tanpa adanya sinergi dan kolaborasi ini, kita tidak bisa mendapatkan anugerah ini, jadi ini kerja berkualitas dari kita untuk kita," ucapnya 

Apalagi, sambung Kasmarni, hal ini juga sejalan dengan Misi ketiga yang diusung oleh Kabupaten Bengkalis yakni "Mewujudkan Reformasi Birokrasi serta Penguatan Nilai-nilai Agama dan Budaya Melayu Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Masyarakat yang Berkarakter. 

"Dan penerapan sistem merit yang diterapkan ini sejalan dengan itu semua. Tapi tentunya kita kedepan harus bertekad untuk menaikkan predikat kita menjadi sangat baik, dan itu semua tentunya dibutuhkan kolaborasi dari seluruh Perangkat Daerah," ucapnya.(andi)