Alfedri Resmikan MPP Kabupaten Siak Bisa Melayani 176 Jenis Perizinan

Foto : Bupati Alfedri meresmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Siak

SIAK (Surya24.com) - Mal Pelayanan Publik kabupaten Siak baru saja diresmikan Bupati Siak Alfedri. Di MPP ini, bergabung 23 instansi pusat, daerah, BUMD, Perbankan dan swasta yang mengisi loket-loket di MPP dan melayani 176 perizinan dan non perizinan. 

Letak MPP ini sangat strategis, berada di jalan Pemda arah Koto Gasib, tepatnya di samping bundaran kantor Bupati Siak, kecamatan Mempura dan tidak jauh dari jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah. 

Bupati Siak Alfedri mengatakan, Mal Pelayanan Publik (MPP) ini sangat penting bagi pemerintah kabupaten Siak. Dengan adanya MPP ini menunjukan komitmen besar Pemda dalam memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat kabupaten Siak. 

“Peresmian secara serentaknya akan dilakukan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas pada Kamis 7 Maret 2024 di Jakarta. Saya yang langsung menghadirinya,” kata Alfedri, Senin (4/3/2024). 

Alfedri menjelaskan, keberadaan Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) ini sekaligus juga diharapkan dapat mengakselerasi kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak, bersama Dinas-Dinas terkait yang saat ini dan kedepan akan terus bekerjasama dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima. 

“Komitmen ini sudah kita cantumkan misi pertama dari RPJMD 2021-2026. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui e-government. Tentu dengan keberadaan MPP ini akan dapat mengakselerasi, kinerja dari dinas, Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu, sebagai dinas pengampu MPP,” sebutnya. 

Alfedri juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas PU Tarukim yang membangun gedung MPP, meskipun belum rampung secara keseluruhan, namun sudah bisa melayani masyarakat yang melakukan urusan perizinan. 

“Banyak lagi yang harus dilengkapi seperti landscape, ruang terbuka hijau di sekitar gedung, gapuranya, dan dukungan fasilitas lain. Sehingga kawasan MPP ini, menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman bagi masyarakat tidak hanya pelayanan cepat, mudah. Tetapi juga menyenangkan dan nyaman,” kata Bupati Siak. 

Untuk pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di MPP sementara baru bisa perpanjangan SIM, karena MPP belum punya fasilitas test drive untuk calon pengemudi. 

"Namun ini menjadi keinginan kita bersama pak Kapolres, dalam rapat kemarin, sudah disampaikan kadis PU, untuk tahap berikutnya bagaimana fasilitas ini bisa dilengkapi,” katanya. 

MPP ini, menurut Alfedri, fokus pada layanan digitalisasi, dengan tingkat kualitas layanan publik yang baik dapat mengingat iklim investasi di Kabupaten Siak. 

“Intinya kita mendorong investasi masuk ke Siak, dan kita beri kemudahan termasuk perizinannya. Kami mohon dukungan dari semua pihak, agar MPP ini, menjadi gerbang masuknya investasi di kabupaten Siak,” tutupnya.(inf)