Pemuda Pemudi Jalan Rajawali Gotong Royong Bersihkan Sampah Akibat Banjir Pasang

Foto : Aksi gotong royong bersihkan sampah yang dilakukan pemuda pemudi Jalan Rajawali kelurahan Laksamana kecamatan Dumai Kota.

DUMAI (Surya24.com) - Baru dibentuk satu bulan yang lalu Pemuda Pemudi Jalan Rajawali Kelurahan Laksamana jalankan kegiatan gotong royong membersihkan sampah akibat banjir air pasang atau air rob dari laut. 

Aksi gotong royong bersihkan sampah yang dilakukan pemuda pemudi Jalan Rajawali kelurahan Laksamana kecamatan Dumai Kota ini bisa menyelamatkan puluhan warga dari wabah penyakit. 

Karena daerah tersebut tidak bisa terhindari lagi dari banjir air pasang rob yang membawa sampah berserakan dimana mana yang dapat mengakibatkan wabah penyakit menular. 

Penasehat Pemuda Pemudi Jalan Rajawali, Ramli Zain, Rabu 13 Maret 2024, mengatakan kegiatan tersebut adalah solidiritas dan rasa kepedulian pemuda pemudi untuk lingkungannya agar bersih dan terhindar dari wabah penyakit setiap banjir yang melanda di daerah tersebut. 

"Kegiatan gotong royong bersihkan sampah dari bawaan banjir air pasang laut ini adalah murni dari solidiritas dan rasa kepedulian pemuda pemudi kita jalan Rajawali yang baru satu bulan kita bentuk ini dan di bawah perlindungan Lurah Laksamana Pak Sutino, " terangnya. 

Dia menyebutkan, setiap banjir air pasang laut di daerah jalan Rajawali dan sekitarnya yang tidak bisa dihindari ini sudah pasti akan membawa sampah yang cukup lumayan banyak. " Seperti malam ini sebelumnya sudah ada hampir satu ton kalau di pekirakan sampah kita bersihkan hingga saat ini. Kalau tidak kita siapa lagi yang perdulikan lingkungan kita ini pak. " sebut tokoh penasehat pemuda pemudi itu. 

Dalam kegiatan gotong royong membersihkan sampah tersebut turut hadir, Lince sebagai Pembina, Ketua Pemuda, Laham di dampingi wakil ketua pemuda Azlan serta para angota pemuda pemudi yang saling bahu membahu membersihkan sampah pada saat malam banjir tersebut. 

Disisi lain menurut dr. Saiful, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai mengatakan bahayanya jika sampah sampah yang berasal dari hanyutan banjir pasang air laut yang menumpuk bisa mendatangkan wabah penyakit yang menular buat warga disana. 

" Ya memang bernar bahanya jika suatu sampah yang berasal dari hanyutnya banjir itu, jika tidak kita atasi atau menjadi suatu tumpukan ia bisa menjadi wabah penyakit menular dan bisa membahayakan bagi warga sekitar. Dan saya mengapresiasi kepada pemuda pemudi Jalan Rajawali yang saling bahu membahu untuk bergotong royong membersihkan sampah demi menjaga lingkungan kita bersih dan sehat." sebut dr. Saiful Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai.(zul)