INFOTORIAL DPRD KOTA DUMAI

DPRD Dumai Kunker ke Magetan Bincang Tentang Pola Bantuan kepada Petani

Foto : Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari, Ketua Komisi II dan anggota, staff pendamping Sekretariat DPRD Kota Dumai saat kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Magetan.

DUMAI (Surya24.com) - Komisi II DPRD Kota Dumai melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Magetan pada hari, untuk membahas pola bantuan kepada petani dan kelompok tani, Rabu (06/03/2024). 

Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi DPRD dalam mengawasi pelaksanaan program pemerintah dan melakukan koordinasi antarlembaga. 

Dalam rapat tersebut, turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari, Ketua Komisi II DPRD Kota Dumai, Kamisan, bersama dengan anggota lainnya seperti Sutrisno, H. Yuhandri, SP, Hamdan, S.A.P, Ponimin, S.H, H. Syaprizal Nurdin, SE, Marihot Sitorus, Tajuddin Effendi, serta staff pendamping sekretariat DPRD Kota Dumai. 

Pimpinan dan anggota DPRD Kota Dumai bersama staf dan Bapenda Kota Dumai diterima oleh Agustin Nurul Qomariah, Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Ini menunjukkan keterkaitan DPRD dengan lembaga eksekutif di tingkat kabupaten untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam mendukung sektor pertanian, yang merupakan salah satu pilar utama ekonomi di daerah tersebut. 

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Kabupaten Magetan memiliki kewenangan di sektor on farm, termasuk peningkatan kuantitas dan kualitas produk tanaman, serta penumbuhan produk olahan dan pangan segar asal tumbuhan hingga mendapat PIRT. 

Dalam mendukung fasilitas ini, pengelolaan hibah menjadi salah satu pilihan, seperti hibah uang berupa bantuan pupuk, yang diatur oleh OPD sesuai rekomendasi teknis dan RAB yang diajukan. Selain itu, petani juga diberi pendampingan hingga pembuatan anggaran, pokok pikiran, serta perlunya kerjasama antara OPD dan petani untuk meningkatkan produk unggulan mereka, yang diawasi dan didorong oleh DPRD sebagai perwakilan rakyat. 

" Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi DPRD dalam pelaksanaan program untuk melakukan koordinasi antarlembaga, " terang Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Bahari.(inf)