Mengenal Lembaga Amil Zakat Madani Human Care Kota Dumai

Foto : Direktur LAZ MHC Dumai, Dziqri Hanafi.

DUMAI (Surya24.com) - Lembaga Amil Zakat Madani Human Care (LAZ-MHC) Kota Dumai menggelar pertemuan dengan sejumlah jurnalis, Rabu 3 April 2024 VIP Room Arabika Caffe. 
Pertemuan yang berlangsung lebih dari 2 jam tersebut dipimpin langsung oleh Direktur LAZ MHC Dumai, Dziqri Hanafi yang memaparkan Annual Report 2023, Program unggulan 2024 program Ramadhan dan penghargaan LAZ MHC. 

Dziqri menjelaskan Lembaga Amil Zakat Madani Human Care (LAZ MHC) adalah sebuah lembaga filantropi dibawah Yayasan Bina Insan Madani Dumai yang berkhidmat memberdayakan masyarakat dhuafa melalui pengelolaan dana sosial masyarakat (zakat, infak, sedekah dan waqaf) serta dana lain yang halal dan sesuai hukum, baik perorangan, lembaga maupun perusahaan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. 

"Diusianya yang ke 12, Kiprah MHC telah dirasakan oleh masyarakat, untuk meningkatkan spirit pada Tim dan semakin memudahkan masyarakat dalam mengenali Lembaga ini. Madani Human Care melakukan rebranding dengan mengubah Logo dan tampilan visual disertai dengan menginstal nilai-nilai yang terkandung didalamnya," jelasnya. 

Capaian penghimpunan LAZ MHC Dumai selama tahun 2023 lebih dari 4 miliar rupiah tepatnya Rp.4.274.923.841,86 yang bersumberkan dari Zakat Mall/Profesi Zakat Fitrah, Infak Beras, Infak Tematik, CSR, Qurban dan DSKL. 

Untuk penerima manfaat selama tahun 2023 adalah 16.584 yang disalurkan melalui program LAZ MHC, yaitu: 

1. Madani Fit: Sebuah program bantuan Santunan berobat terutama terhadap masyarakat yang tergolong mustahik dan dhuafa. Dengan Memperluas akses dan pendampingan layanan kesehatan dan program kesehatan gratis. Tahun 2023 dengan jumlah 99 penerima manfaat bernilai Rp. 97.664.000. 

Bentuk Penyalurannya antara lain Santunan berobat, Ongkos Berobat, Pendampingan Kesehatan, Rumah Sehat, Khitanan Masal. 

2. Madani Smart: LAZ MHC berkomitmen memastikan keberlangsungan pendidikan anak-anak yang tidak mampu, mulai jenjang SD-SMP-SMA dan perguruan tinggi. Program pendidikan menyasar anak didik yang terancam putus sekolah, mahasiswa yang tidak mampu di universitas. Beasiswa Prestasi. Jumlah penerima manfaat 375 orang dengan nilai Rp.360.241.013. 

Bentuk Program: Program Orang Tua Asuh (POTA), Melunaskan tunggakan SPP, Melunaskan Uang Baju, Membayar Uang Buku dan Ujian, Beasiswa Berprestasi. 

3. Madani Syiar: Sebagai sarana menghidupkan nilai dakwah agar tumbuh dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui program pembinaan masyarakat dan bantuan sarana dan prasarana Masjid, TPA, dan kegiatan islami lainnya. Dengan 5.852 penerima manfaat bernilai Rp.2.719.241.238. 

Bentuk Penyaluran: Da’IMadani, Kantor Dakwah, Event Hari Besar Islam, Safari Dakwah, Sedekah Sajadah Masjid, Rumah Qur’an Purnama dan Muallaf Center. 

4. Madani Berdaya: Program pemberdayaan ekonomi melalui pemberian modal usaha dan penguatan usaha dengan skema kemitraan kepada individu atau kelompok usaha. Bangkit Bina Mustahik (BBM). Jumlah penerima manfaat 13.318 orang demgan dana Rp.2.719.241.238. 

Badan Penyaluran adalah: Bantuan Modal Usaha, Gerobak Berkah, MHC Farm, Madani Mart dan Payung Berkah. 

5. Madani Peduli: Aksi Sosial peduli Yatim Dhuafa, Respon Bencana alam dan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Melalui Team Tanggap Madani Peduli (TTMP). Dengan 393 Penerima manfaat bernilai Rp.471.156.400. 

Bentuk Penyalurannya adalah Sedekah Beras, Bantuan Sembako, Peduli Yatim, Bantuan Bencana dan Dunia Islam. 

" Kita juga memiliki program kemitraan yaitu program kerjasama dalam menjalankan sebuah program yang telah disepakati bersama. LAZ MHC bermitra kepada berbagai jaringan/relasi kelembagaan, intansi/perusahaan, organisasi maupun para donatur," jelas Dzqri. 

Bentuk program kemitraan LAZ MHC dengan berbagai mitra seperti sebagai pelaksana program, pengawasan atau sebagai penyedia dana/fasilitas dalam suatu program dan program CSR perusahaan. 

Atas pencapaian selama ini LAZ MHC Dumai berhasil meraih berbagai prestasi yakni Memenangkan BAZNAS AWARDS 2024 sebagai Penyaluran Terbaik tingkat LAZ Kota.  

Juga meraih predikat WTP 3 kali berturut-turut hasil Audit Keuangan Kantor akuntan publik independen, serta meraih hasil Cukup Baik se Indonesia dalam Audit Syariah Irjen Kemenag 2020 dan Terbaik pertama di Provinsi Riau. 

Prestasi lainnya yaitu telah terdaftar di forum zakat dan bekerja sama dengan kitabisa.com dalam penggalangan dana untuk program kesehatan. 

Bulan Ramadhan 1445 Hijriah tahun ini LAZ MHC Dumai memiliki program RAMADHAN MENGUATKAN dengan #KawanBAIK. "Kita membutuhkan 200.000 Duta Zakat untuk menghimpun dana sebesar Rp 4 miliar Rupiah. Kita sediakan 200.000 paket donasi dimana setiap paket donasinya untuk 4 kebaikan. Dengan nilai Rp. 20.000 per paketnya," kata Dziqri. 

Adapun empat kebaikan itu adalah: 
1.Program ramadhan yaitu pembelian takjil, bingkisan, santunan yatim, itikaf, safari dakwah dan pesantren Ramadhan. Dengan nilai yang ditargetkan Rp. 500.000.000.
2. Peduli Palestina yaitu di gunakan untuk program dekap yatim palestina, Pembelian mobil ambulance dan pembuatan sumur irigasi. Dengan nilai yang ditargetkan Rp. 1.000.000.000.
3. Program Pendidikan dan Ekonomi yaitu bantuan biaya pendidikan dan bantuan Modal UMKM. Dengan nilai yang ditargetkan Rp. 500.000.000.
4. Program Gedung Peradaban yaitu pembangunan gedung multifungsi sebagain kantor, pusat dakwah, pendidikan, tanggap bencana dan Ekonomi Ummat. 

"Bagi seluruh warga Kota Dumai dan masyarakat luas dimana pun berada kami mengharapkan keikutsertaannya dalam program  kami ini," harapnya. 

Yang berkenan menyalurkan infak dan zakatnya bisa datang langsung ke kantor LAZ MHC Dumai di Jl Raya Bukit Datuk Gg Murni No 4. di depan Citimall Dumai. Narahubung di nomor: 0823 8585  1616. 

Atau bisa melakukan transfer infak melalui Bank Syariah Indonesia: 710-700-7312 atas nama: LAZ Madani Human Care. 

Untuk menyalurkan Zakat melalui Bank  Syariah Indonesia: 700-907-2114 atas nama: LAZ Madani Human Care.(rls/cu)