INFOTORIAL PEMERINTAH KABUPATEN SIAK

Pemkab Siak Kembali Seleksi Bantuan BeTunas Program PKH 2024

Foto : Bupati Siak, H Alfedri (satu dari kanan), Wakil Bupati Siak, Husni Merza (dua dari kanan) saat pembukaan sosialisasi BeTunas bersama Kampus Kerjasama tahun 2024 di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Kecamatan Mempura, Selasa, (7/5/2024).

SIAK SRI INDRAPURA (Surya24.com) - Pemerintah Kabupaten Siak kembali membuka seleksi Bantuan Beasiswa Untuk Anak Siak (BeTunas) Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2024. Program ini dalam rangka menyiapkan putra putri Kabupaten Siak yang unggul dan berkualitas. 

BeTunas yang dimulai sejak tahun 2021 sampai dengan 2024, menurut Bupasatuti Siak Alfedri, merupakan bagian dari inovasinya rumah keluarga PKH, ada satu sarjana. 

“BeTunas, merupakan investasi pendidikan jangka panjang, kita siapkan pendidikan berkualitas bagi anak-anak Program Keluarga Harapan (PKH),” sebut Bupati Alfedri saat membuka sosialisasi BeTunas bersama Kampus Kerjasama tahun 2024 di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Kecamatan Mempura, Selasa, (7/5/2024). 

Alfedri menjelaskan, program ini untuk mewujudkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) masyarakat kabupaten Siak yang unggul, agamis, sehat dan cerdas yang merupakan misi Pemkab Siak yang dituangkan dalam RPJMD dan masuk program prioritas “cerdas” yaitu pemberian beasiswa unggulan daerah bagi keluarga kurang mampu serta penerapan informasi teknologi (IT) dalam proses belajar mengajar, serta meningkatkan rata-rata lama sekolah pendidikan di Kabupaten Siak. 

“Kita berazam dalam satu rumah keluarga PKH, ada satu sarjana. Kami berharap anak yang kita kuliahkan, nantinya setelah bekerja, bisa membantu ekonomi keluarganya," sebutnya. 

Tidak hanya program BeTunas, Pemkab juga memberikan bantuan beasiswa berprestasi, beasiswa suku anak terasing yang bersumber dari APBD dan kerjasama program Baznas Siak. 

"Tidak hanya Beasiswa BeTunas. Dalam waktu dekat, kita akan buka beasiswa prestasi untuk umum, dan beasiswa anak suku terasing," ungkapnya. 

BeTunas setiap tahun terus mengalami peningkatan, dan yang mendaftarkan juga mengalami peningkatan. Tahun 2024 dan tercatat 441 siswa kelas 12 yang mendaftar melalui online. 

"Tahun lalu, kita siapkan 230 orang, tahun ini kita tambah kuota beasiswa menjadi 250 orang. Semoga yang mengikuti tes lulus semua, dan bisa melanjutkan pendidikan di 10 perguruan tinggi kerjasama Pemda. Mudah-mudahan yang hadir pada hari ini, ada yang jadi bupati, gubernur bahkan jadi presiden, Aamiin,” pungkasnya. (Inf/ Pemkab Siak)