INFOTORIAL DISPERSIP KOTA DUMAI

Kadis Persip Dumai Harap ATPUSI Berperan Mencerdaskan SDM di Sekolah

Kepala Dispersip, Suriyanto, Wako Dumai, anggota DPRD Provinsi Riau serta pihak terkait lainnya pada pelantikan ATPUSI dan Seminar Literisasi Perpustakaan Kota Dumai pada bulan Januari 2020 yang lalu

DUMAI (Surya24.com) - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai, Suriyanto sangat mendukung sekali terbentuknya Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia ( ATPUSI ) di Kota Dumai.

Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) telah menyelenggarakan Seminar Literisasi Perpustakaan Kota Dumai yang bertujuan untuk penguatan pembangunan SDM yang lebih baik.

Pembentukan Pengurus ATPUSI itu dilaksanakan pada bulan Januari yang lalu, setelah itu Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si melantik kepengurusan ATPUSI Kota Dumai periode 2020-2024, bertempat di SMKN 02 Dumai, Jalan Bukit Datuk Lama, Dumai, pada Sabtu (22/02/2020).

" Kita berharap dengan telah dibentuknya ATPUSI ini agar dapat berperan untuk mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM) Siswa/siswi di Sekolah - Sekolah dengan membaca melalui Perpustakaan Sekolah, " ujar Suriyanto beberapa hari yang lalu saat menerima kunjungan salah satu perwakilan SMP Bidang pengelolaan Perpustakaan. 

Pengelola Perpustakaan Sekolah mulai dari SD, SMP, SMA, Pengawas Sekolah, Kepsek SMKN2 Dumai, Kabid, Kasi serta Staf di Perpustakaan Umum Kota Dumai

Suryanto menyebutkan salah satu fungsi Dinas Perpustakaan ikut mencerdasakan anak bangsa, sama juga perannya dengan dinas lainnya, cuma bagiannya berbeda. Dia menggambarkan, ada tiga negara yang zero kekacauan, dan setelah diamati visi-misi yang paling ditekankannya adalah mencerdaskan anak bangsa. Di negara tersebut juga diutamakan bagaimana menjaga kejujuran dan di sekolah sangat ditekankan. Karena Dengan kejujuranlah kita bisa maju.

" Perpustakaan sumber gudang ilmu dan kecerdasan. Kita mau maju harus banyak mendengar dan membaca. Apalagi profesi sebagai guru harus banyak membaca. Karena Rausullah telah mengajar kita agar membaca. Ini yang perlu kita lakukan, karena kita diberikan akal untuk berfikir. Orang yang berfikir cerdas dan berilmu akan diberi jalan yang baik, maka intinya harus banyak membaca, "pesan Suriyanto.

Walikota Dumai H. Zulkifli AS juga menyampaikan kepada generasi muda agar terus meningkatkan minat baca, apalagi di era digital sekarang ini. “Minat baca memang harus ditingkatkan untuk generasi muda seiring dengan perkembangan zaman. Sumber daya manusia ini sangat penting untuk dipersiapkan apalagi dengan meningkatnya budaya membaca tentu akan menciptakan generasi yang cerdas, sebab dari banyak membaca akan muncul inovasi-inovasi yang gemilang atau pengalaman baru yang berguna bagi kita dan juga orang lain, "ucap Walikota.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, dengan pesatnya arus informasi di era digital saat ini, tentulah tidak berlebihan jika istilah membaca sebagai jendela dunia diperluas lagi menjadi membaca adalah gerbang dunia. “Semoga pengurus ATPUSI yang telah dikukuhkan ini semakin menyebarkan kebaikan literasi di kota kita, " sebut Walikota.

Kegiatan Perpustakaan Umum Daerah Dumai diawali dengan pembentukan Pengurus ATPUSI Kota Dumai yang dipimpin oleh Kabid Perpustakaan Hj.Nurhayati.SH pada bulan Januari 2020 yang lalu bertempat di SMKN.2 Jalan Bukit Datuk Lama.

Dihadiri oleh masing-masing Pengelola Perpustakaan Sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SLTA serta masing-masing Pengawas Sekolah, Kepsek SMKN.2, Kabid, Kasi beserta seluruh Staf di Perpustakaan Umum Daerah Dumai. (Infotorial Dispersip Dumai)