PHR Kembali Buka Program Beasiswa Prestasi Bagi Putra Putri Riau Tahun 2024

Foto : Sepuluh putra dan putri terbaik Riau Penerima Program Beasiswa Prestasi S1 PHR Batch 1 Tahun 2023 saat ini telah menjalani perkuliahan di Universitas Pertamina, Jakarta.

PEKANBARU (Surya24.com) – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kembali membuka Program Beasiswa Prestasi PHR bagi putra dan putri asal Riau tahun 2024. Program beasiswa angkatan ( _batch_ ) ke-II ini terbuka bagi pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat di tujuh kabupaten/ kota Wilayah Kerja (WK) Rokan untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Pertamina, Jakarta. 

PHR bersama Pertamina Foundation (PF) melakukan sosialisasi Program Beasiswa Prestasi untuk jenjang sarjana (S1) pada Rabu (29/5/2024). Sosialisasi diadakan secara daring diikuti lebih dari seratus perwakilan sekolah SMA, SMK dan MA dan peserta didik yang baru lulus tahun 2024. 

Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, Program Beasiswa Prestasi PHR secara konsisten dilaksanakan dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) Riau yang unggul dan berdaya saing. Ini sekaligus sebagai wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR di bidang Pendidikan bagi masyarakat Riau. 

“Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun bangsa. Percepatan peningkatan kualitas generasi muda perlu dilakukan untuk menghadirkan _future leader_, berskala internasional yang siap menghadapi persaingan global,” ucapnya.  

Rudi memastikan seleksi penerimaan beasiswa prestasi PHR akan berlangsung ketat dan terbuka. Penerima beasiswa benar-benar berkualitas dan cerdas. Ini dibuktikan oleh sepuluh penerima beasiswa _batch 1_ yang meraih prestasi akademik dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas rata-rata atau cumlaude. Bahkan, satu penerima beasiswa meraih IPK sempurna 4.0. Para penerima beasiswa juga banyak meraih berprestasi dalam kompetisi tingkat nasional. 

“Ini membuktikan proses seleksi yang dilakukan betul-betul menghasilkan putra-putri Riau  berkualitas. Bahkan di luar ekpektasi dengan jumlah IPK yang melebihi target,” ujarnya.  

Untuk itu, Rudi berharap pihak sekolah terus memotivasi peserta didiknya agar semangat berkompetisi meraih beasiswa prestasi PHR untuk berkuliah di Universitas Pertamina. 

“Kami sangat apresiasi kerja sama serta kemitraan strategis berbagai pihak untuk bersama-sama mendukung program ini: Pemprov Riau, SKK Migas dan Pertamina Foundation. Semoga kedepannya program ini dapat mencetak SDM unggul yang akan membangung Riau dan Indonesia,” tutur Rudi. 

Beasiswa Prestasi PHR terbuka untuk Putra dan Putri Riau dengan persayaratan antara lain, berasal dari SMA sederajat akreditasi A dari tujuh dan kabupaten kota wilayah operasi WK Rokan. Surat rekomendasi 10 besar dari kepala sekolah. Rapor semester 1-5, sertifikat prestasi non akademik dan motivation letter. 

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari mengatakan, Program Beasiswa Prestasi PHR menjadi sinergi nyata Pertamina Grup untuk peningkatan pendidikan putra-putri Indonesia. 

“Bersama PHR, Pertamina Foundation bertekad memajukan generasi muda Riau dengan melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang berkualitas serta membawa semangat energi Pembangunan untuk Riau,” 

Mewakili Plt Kepala Dinas Pendidikan Privinsi Riau Roni Rakhmat, Pengawas SMK Disdik Riau, Nurjasmi mengatakan Dinas Pendidikan sangat mengapresiasi PHR dan Pertamina Foundation yang terus berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Riau. Program Beasiswa Prestasi PHR selaras dengan program pemerintah dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. 

“Melalui beasiswa Prestasi PHR ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi putra putri terbaik Riau untuk mencapai cita-cita yang diharapkan di masa yang akan datang,” kata Pengawas SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Nurjasmi.  

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 8 Mandau, Siska Ingriani menyambut antusias Program Beasiswa Prestasi PHR dibuka kembali untuk angkatan ke dua. 

“Terima kasih PHR yang sudah memberikan peluang untuk anak didik kami yang berprestasi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ini sangat kami tunggu. Kami ingin anak didik dapat berprestasi dan unjuk gigi di tingkat nasional,” harapnya.(cu)