ODP Meningkat, Satu Orang Warga Pangkalan Kerinci Positif Covid 19

H. Asril S.Km M Kes

Pelalawan (Surya24.com),-Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus meningkat semenjak bertambahnya kriteria yang dimasukkan kedalam kategori ODP oleh satuan gugus tugas pencegahan Covid 19 Provinsi Riau.

Dengan demikian anggka ODP di Kabupaten Pelalawan terus meningkat dari 362 menjadi 423 orang, PDP 7 dinyatakan pulang sebanyak 4 orang, masih dirawat 2 orang di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru, dan 1 orang dirawat di RSUD Selasih per tanggal 2 April 2020. 

Hal ini dikatakan oleh juru bicara gugus tugas pencegahan Covid 19 Kabupaten Pelalawan H. Asril S.Km M Kes sewaktu konferensi pers tentang pengembangan Covid 19,  yang diadakan dikantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Komplek Bhakti Praja Kamis (2/4/2020).

" Dapat kami sampaikan untuk data sama dengan yang kami rilis di web side Dinas Kesehatan, yaitu ODP 423, PDP 7 empat diantaranya sudah dibolehkan pulang," ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Jubir gugus tugas pencegahan Covid 19 menerangkan kepada awak media yang hadir pada saat itu bahwa konfirmasi tentang peningkatan status pasien dari PDP menjadi Positif harus menunggu konfirmasi dari pusat.

"Sehubungan informasi yang berkembang saat ini, ada protap resmi dari Pemerintah Provinsi Riau, kemudian protap dari juru bicara Covid 19, di Indonesia Dr. Julianto, bahwa untuk konfirmasi Covid 19 positif harus terlebih dahulu disampaikan oleh jubir nasional, baru dirilis oleh Provinsi, kemudian disampaikan ke Kabupaten, disitulah jubir Kabupaten merilis secara pasti apakah konfirmasi itu positif atau tidak," terangnya.

Masih dalam konfrensi pers tersebut, ketika awak media menanyakan perihal kabar yang beredar di kalangan masyarakat bahwa salah seorang  pasien PDP dari Pangkalan Kerinci dinyatakan positif, jubir Asril tidak berani memastikan karena belum ada kepastian informasi dari pusat dan jubir Provinsi.

"Saya belum mendapatkan informasi pasti tentang positif atau tidaknya, jadi yang berhak menyatakan itu adalah juru bicara nasional, jika nanti saya dapat informasi dari pusat, silahkan nanti kawan - kawan hubungi saya," ucapnya.

Selang beberapa menit setelah dilakukan konferensi pers, para awak media kembali mengkonfirmasi H. Asril M.Kes selaku jubir gugus tugas pencegahan Covid 19 di Pelalawan, guna untuk memastikan informasi yang beredar dimasyarakat bahwa salah seorang warga Pangkalan Kerinci pasien PDP telah terpapar Covid 19.

"Seperti yang telah disampaikan oleh Gubernur Riau, pasien Covid 19 di Riau bertambah 4 orang, jadi totalnya menjadi 7 orang, dari 7 orang tersebut salah satunya adalah warga Pangkalan Kerinci yang berinisial RBT (50) berjenis kelamin perempuan saat ini dirawat di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru," kata Asril.

Kendati demikian Asril mengajak warga Pangkalan Kerinci agar tetap tenang, segala upaya pencegahan penyebaran akan terus dilakukan oleh pemerintah.(jon)