INFOTORIAL PEMKO DUMAI

Pasien Positif Rapid Test akan Dilakukan Pemeriksaan Mendalam

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaiful (paling kiri), Kepala Diskiminfo Dumai, Fauzan (kanan) 

DUMAI (Surya24.com) - Jumlah positif virus Corona atau Covid-19 hasil pemeriksaan Rapid Test di Dumai bertambah 3 orang, hingga Rabu (8/4/2020) jumlahnya menjadi 10 orang. Sementara untuk kasus terkonfirmasi positif virus Corona versi Swab Test atau PCR masih 1 orang. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaiful membenarkan ada penambahan jumlah positif hasil Rapid Test. "Ada 3, diketahui setelah diperiksa menggunakan rapid test. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa hasil rapid test belum mencerminkan apakah mereka positif Corona, sebab rapid test yang kita gunakan untuk anti body," kata Syaipul.

Lebih lanjut Syaipul menerangkan bahwa, Rapid Test digunakan untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Dumai dilakukan terhadap sejumlah kelompok prioritas, yakni PDP, ODP, dan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit serta Puskesmas. 

Mereka yang dinyatakan positif rapid test sesuai protokol kesehatan otomatis masuk dalam Pasien Dalam Pemantauan (PDP). Jika diiringi sakit berat seperti batuk, demam, panas tinggi, dan sesak napas, kita rawat di rumah sakit. Namun jika kondisi tubuhnya baik, dan tidak menunjukkan gejala demam, batuk dan lainnya, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

" Dan terhadap mereka yang positif rapid test selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan mendalam, yaitu Swab Test dan PCR. Setelah hasil Swab Test dan PCR keluar baru bisa disimpulkan apakah positif atau negatif, "terang dr. Syaiful.

Selain itu, Walikota Dumai Zulkifli AS menyebutkan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai merupakan Garda Terdepan penanganan Covid-19 di kota Dumai. Untuk itulah Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi melakukan kunjungan sekaligus memotivasi para medis di RSUD Dumai di Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai itu.

“ Kami berkesempatan mengunjungi RSUD Kota Dumai untuk memantau permasalahan Covid 19. Kami juga memotivasi pejuang kemanusiaan dan garda terdepan penanganan virus covid-19 di Kota kita. Ada Dokter, Perawat dan tenaga medis lainnya. Sambil bercerita dan berdiskusi, "ujar Walikota Dumai beberapa hari yang lalu.

Menurut Zul AS, demikian Walikota Dumai dipanggil akrab, tidak lupa pihaknya juga memberikan vitamin kepada para tenaga medis tersebut. “Kami juga memberikan vitamin, susu dan buah-buahan bagi pejuang medis kita yang sedang berjibaku di tengah pandemi virus corona ini,” terangnya. (Infotorial/Diskominfo Dumai)