Bupati dan Ketua DPRD Pelalawan Bagikan BLT Dua Desa di Bandar Petalangan

Pelalawan (Surya24.xom) - Bupati Pelalawan HM. Harris dan Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dua desa di Kecamatan Bandar Petalangan yakni Desa Lubuk Raja dan Desa Sialang Godang Selasa (7/7/2020).

Penyerahan BLT Dana Desa ini diserahkan oleh Bupati Harris secara simbolis kepada masyarakat, adapun penerima BLT yang ditetapkan berdasarkan hasil seleksi RT, RW dan kadus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, dengan tujuan agar tidak ada masyarakat yang menerima bantuan doble.

Adapun penerima dari Desa Lubuk Raja sebanyak 37 orang tahap III dan Desa Sialang Godang sebanyak 51 orang penerima untuk tahap II.

Hadir dalam kesempatan tersebut OPD yang ada di lingkungan Pemda Kabupaten Pelalawan, anggota DPRD Pelalawan Nasaruddin, US.,SH, Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd, Lurah Rawang Empat Ramli, S.Pd.,M.Pd, Polsek Bunut Rokhani, Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa dan masyarakat penerima manfaat.

Dalam sambutannya, Camat Bandar Petalangan Mukhtarius, S.Pd.,M.Pd, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pelalawan beserta rombongan yang telah menyempatkan diri hadir di Kecamatan Bandar Petalangan, beliau  berharap semoga dengan adanya bantuan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang sedang sulit akibat dampak Covid-19. Serta dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara masyarakat dan kepala daerah.

"Masyarakat penerima bantuan BLT ini ditetapkan berdasarkan hasil seleksi RT, RW dan kadus dan mereka yang terpilih berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku dengan tujuan agar tidak ada masyarakat yang menerima doble bantuan. Jika sudah mendapat bantuan dari program Kemensos RI seperti PKH, KKS dan BST tidak maka masyarakat tidak akan menerima bantuan BLT," terang Camat.

Selanjutnya Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST.MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa BLT yang bersumber dari anggaran desa  semulanya untuk pembangunan fisik Desa, namun dikarenakan wabah pandemi Covid-19, maka anggaran dana desa tersebut dialihkan untuk masyarakat yang terdampak.

“Dengan adanya wabah Covid-19 ini banyak masyarakat yang kehilang pekerjaan, penghasilan masyarakat menurun dan ekonomi masyarakat agak terganggu. Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan berupa uang melalui program BLT untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat,"katanya dengan harapan bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik - baiknya, untuk memenuhi kebutuhan pokok yang lebih penting.

Bupati Pelalawan HM.Harris dalam arahannya menyampaikan dan mengajak masyarakat yang memiliki lahan kosong didekat tempat tinggalnya untuk dimanfaatkan.

"Sepanjang jalan lintas yang saya lewati, saya melihat rumah masyarakat yang jaraknya agak jarang dan banyak tanah kosong yang cuma ditanami dengan sekedarnya saja. Saya berharap agar lahan masyarakat yang masih kosong tersebut agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan untuk masalah bibitnya nanti akan kita bantu,"kata Bupati Harris.

Bupati dua periode tersebut juga menghimbau masyarakat agar waspada mengenai karhutla, meskipun Bandar Petalangan belum ada terjadi kebakaran, karena berdasarkan ramalan dari BMKG, wilayah Riau akan memasuki kemarau panjang. Serta tidak lupa mengajak agar tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi fase new normal baik itu dalam menjalankan pekerjaan dan pendidikan.(jon)