dr H Nanang: Hindari Gigitan Nyamuk dan Patuhi Prokes

Pencegahan Malaria dan Covid-19 Prioritas Utama di Panipahan

Ilustrasi Covid-19 dan nyamuk Malaria

Rokan Hilir (Surya 24.com) - Di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir, Riau, tak hanya wabah covid-19 yang dihadapi namun penyakit Malaria juga menjadi prioritas utama tim kesehatan dalam hal pencegahan.

Kepala Puskesmas Panipahan dr H Nanang, Selasa (10/11/2020) pagi saat ditemui Jurnalis di Bagansiapiapi menyebutkan kasus penyakit malaria meningkat sejak Oktober 2019 hingga sekarang.

Namun tingkat kesembuhan pasien terhadap penyakit malaria tersebut diterangkan dr H Nanang juga ada peningkatan.

Sementara itu dikatakannya lagi, untuk kasus Covid-19 sendiri di wilayah kesehatannya selama perkembangan pandemi virus corona ini sejak bulan Maret 2020 tercatat ada 3 orang warga yang terpapar.

"Kasus Malaria di Panipahan sudah ada sejak 2019 lalu sebelum adanya pandemi Covid-19, sampai saat ini kita terus lakukan tindakan antisipasi dan himbauan kepada masyarakat mengenai langkah-langkah pencegahan terhadap  dua penyakit ini," ucap Kepala Puskesmas Panipahan dr H Nanang.

Penyuluhan sosialisasi kepada masyarakat disebutkannya sudah diberikan baik dalam hal mematuhi protokol kesehatan covid-19 maupun sosialisasi dibidang penyakit malaria untuk bagaimana masyarakat bisa terhindar dari gigitan nyamuk. (Suhend/HY)