GALERY FOTO DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DUMAI

Juara 3 Terbaik se Provinsi Riau, Dispersip Dumai Serahkan Penghargaan ke SMK N2 Dumai

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dumai, Suriyanto SP didampingi Pungsional Pustakaan Mahir menyerahkan penghargaan kepada SMK N2 Dumai

DUMAI (Surya24.com) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai telah menyerahkan Penghargaan, Piala dan uang tunai kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 (SMK N2) Dumai pada bulan September yang lalu. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dipersip Kota Dumai, Suriyanto, SP didampingi Pungsional Pustaka Mahir, Tri Marini dan diterima langsung oleh Kepala SMKN2 Dumai, Juzmilita, S.Pd.MiP didampingi Kepala Perpustakaan SMK N2 Dumai, Dewi Marlina, SPd dikantor SMK N 2 Dumai.

Pengharagaan ini diberikan karena SMK N 2 Dumai telah berhasil mencapai juara ke tiga lomba perpustakaan terbaik tingkat Provinsi Riau. "Penghargaan ini kita serahkan karena SMK N2 Dumai menjadi Perpustakaan sekolah nomor tiga terbaik tingkat Provinsi Riau, "kata Kepala Dispersip Dumai, Suriyanto, Jum'at (23/10/2020).

Suriyanto menyebutkan Dinas Perpustakaan Dumai menjalin kerjasama dengan Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) yang ada di Kota Dumai sebagai organisasi profesi tenaga perpustakaan sekolah.

Tujuan didirikannya ATPUSI, kata Suriyanto adalah untuk meningkatkan profesionalisme tenaga perpustakaan sekolah; mengembangkan ilmu perpustakaan, dokumentasi, dan informasi; mengabadikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian tenaga perpustakaan sekolah untuk bangsa dan Negara Republik Indonesia.

" Untuk mencapai tujuan tersebut ATPUSI melakukan berbagai kegiatan: membina forum komunikasi antar tenaga perpustakaan sekolah dan atau kelembagaan perpustakaan, dokumentasi dan informasi, mengadakan dan ikut serta dalam berbagai kegiatan ilmiah khususnya di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi, "terang Suriyanto.

Selain itu, kata Suriyanto, mengusahakan keikutsertaan ATPUSI dalam pelaksanaan program pemerintah dan pembangunan nasional di bidang perpustakaan sekolah, dokumentasi dan informasi, mendukung program advokasi bagi tenaga perpustakaan sekolah.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan SMK N2 Dumai Dewi Marlina, S.Pd menyebutkan Dispersip Kota Dumai telah menyumbangkan 2500 judul buku ke SMKN 2 Dumai.

" Dinas Perpustakaan Dumai telah menyerahkan 2500 judul buku umum kepada SMK N2 Dumai. Buku-buku yang ada saat ini buku umum, sedangkan untuk buku-buku nuansa melayu memang agak kurang. Kegiatan ATPUSI di SMK N2 Dumai saat ini khusus untuk dalam sekolah saja dan belum melayani untuk luar sekolah, namun kedepan tidak tertutup kemungkinan untuk masyarakat umum. Setiap harinya kegiatan kami cukup padat sehingga kami kekurangan tenaga,  "ujarnya.

Dikarenakan kekurangan tenaga, kata Dewi Marlina, maka ada beberapa siswa yang ikut membantu pengelolaan Pustakaan. Saat ini ada tujuh orang guru yang mengelola ditambah beberapa orang siswa dan siswi sekolah tersebut.

Sementara itu, Kepala SMK N2 Dumai, Juzmilita,S.Pd.MiP menyebutkan selalu berupaya apapun kegiatan sekolah termasuk pada bidang Perpustakaan SMK N2 Dumai.

" Kami atasnama SMK N2 Dumai mengucapkan terimakasih kepada pak Suriyanto sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Dumai yang telah memberi perhatian kepada kami. Mudah-mudahan kedepan kami tetap diberi support, agar perpustakaan di sekolah kami ini makin baik lagi,"pungkasnya. (Dispersip Dumai)