Masyarakat Pulau Birandang Keluhkan Jalan Sei Poro Digali Oleh Pengusaha Perkebunan Sawit

Masyarakat Desa Pulau Birandang mengeluhkan jalan Sei Poro yang dibangun oleh Pemkab Kampar digali oleh pengusaha perkebunan sawit dengan menggunakan alat berat

PULAU BIRANDANG (Surya24.com) - Petani Kebun Sawit dan Penyedap Karet Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar mengeluhkan jalan Sei Poro yang dibangun oleh Pemkab Kampar tahun 2018 yang menggunakan APBD Murni digali oleh pengusaha perkebunan sawit dengan menggunakan alat berat.

Masyarakat Pulau Birandang sudah sangat gembira mendapat jalan bagus untuk menuju ke kebun yang dibangun oleh Almarhum Bupati Kampar, Azis Zainal pada tahun 2018 yang lalu.

" Setelah jalan itu hampir Empat tahun dilewati oleh para petani, sekitar 2 (dua) bulan yang lalu para petani atau masyarakat yang sering melewati itu kecewa atau putus asa menengok ada empat titik digali oleh Pengusaha kebun sawit, pertama Udin Domo yang memiliki hampir sekitar 100 hetar kebun sawit, yang kedua pemilik kebun sawit Jimi Ahua, "ujar Uwuo Suwar Kepada Wartawan, Selasa (24/8/2021).

" Untuk saat ini belum ada solusi dari kedua orang tersebut padahal kami sangat membutuhkan jalan tersebut. Kami meminta kepada Pemerintah daerah Desa Pulau Birandang dan Pemerintah Kampar agar membantu kami masyarakat agar bisa melewati jalan itu kembali, " tambah Suwar yang sering disapa Uwuo. 

Sementara itu Kepala Desa Pulau Birandang Tomas Ronaldo ketika dijumpai Wartawan, Selasa (24 /8/2021) di Desa Pulau Birandang, mengatakan Ia sudah berusaha menyampaikan Kepada Dt Udin Domo bagai mana solusi agar jalan itu bisa dipergunakan oleh masyarakat lagi.

"Namun disayangkan sampai saat ini Dt Udin Domo dan Jimi Ahua belum bisa saya jumpai dan saya pun sudah beberapa kali menghubungi langsung baik pun melalui Via Whatsapp nya.
Dan Dt Udin sewaktu mengadakan reses di desa pulau Birandang, seusai reses saya sampaikan juga, setelah itu ingin jumpa di Pekanbaru. Namun saya sudah sampai di Pekanbaru beliau tidak bisa berjumpa dengan saya, "papar Kades Pulau Birandang. (ha)