S3 Kota Dumai Adakan Rakercab ke III Tahun 2021

Presidium Pimpinan Sidang yang juga Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan (tengah), pimpinan sidang II Yospider Gumanti Mp (kanan) dan pimpinan sidang III Dodi Raveni (kiri)

DUMAI (Surya24.com) - Pengurus Solok Saiyo Sakato (S3) Kota Dumai mengadakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) ke III Tahun 2021, Minggu (12/9/2021) di hotel Patra jalan Sultan Syarif Kasim, Dumai Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus S3 dan perwakilan 10 Ikatan Keluarga (IK) dibawah naungan S3 Kota Dumai. Tema Rapat Kerja Cabang Solok Saiyo Sakato (S3) ke III Tahun 2021 tersebut, " Sarumpun pantang bacarai, Nan jauh dipadakek, Nan dakek dipaarek dibawah payuang S3".

Ketua Panitia Rakercab, Dodi Raveni mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan Rakercab ke III Solok Saiyo Sakato Kota Dumai ini.

" Tidak terasa satu tahun sudah kepengurusan S3 yang baru. Ketua kita Bapak Ediswan mengingatkan bahwa ada tugas dan tanggung jawab yang seharusnya sudah dijalankan berdasarkan amanat yang diemban. Namun mengingat situasi Covid-19 sehingga apa yang telah diamanatkan tersebut belum dapat terlaksana. Akan tetapi kita tidak tau sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir, maka atas inisiasi dari ketua, kita adakan Rapat kerja sebagai landasan dan acuan terhadap program kita kedepan sebagaimana yang telah diamanatkan, " terang Dodi.

Namun demikian, dikarenakan Rakercab ini diadakan dalam kondisi pandemi Covid-19 dan Kota Dumai masih berada dalam masa PPKM level 3, untuk itu Dodi berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah diatur oleh Pemerintah Kota Dumai.

Sementara itu, Ketua S3 Kota Dumai, Ediswan, S.Ag menyebutkan diantara program kerja S3 Kota Dumai kedepan akan dibahas melalui rapat Komisi yaitu melalui Komisi A, B dan Komisi C.

" Komisi A diantaranya membahas penyelesaian surat tanah perkuburan S3. Dalam program kita kedepan bahwa kita sudah ada tanah perkuburan namun surat tanahnya perlu lebih jelas. Selanjutnya pembuatan Data Base dengan membentuk Koorditor perkecamatan se Kota Dumai, penentuan Sekretariat S3, Revisi/ Up Date kepengurusan S3 di Kesbangpol Kota Dumai dan pendataan Asset S3, "ungkap Ediswan.

Sementara untuk Komisi B, kata Ediswan pembentukan panitia untuk pembangunan Sekretariat S3, mengintensifkan perwiridan S3 dan juga IK-IK yang ada di bawah S3, memberi Sagu Hati atau Piagam bagi anak-anak S3 yang berprestasi.

Sekretaris IKMR Kota Dumai, Jhonfikar memberikan kata sambutan

Komisi C diantaranya membahas pelaksanaan Fardu kifayah kematian warga S3, mengaktifkan bidang kesenian dengan mengangkat Seni Budaya dari Solok, peningkatan peran S3 dalam Ekonomi Kreatif untuk warga S3.

" Program kerja kita salah satunya membeli lahan atau tanah untuk kantor kita. Untuk pembangunan kantor sekretariat S3 silakan dibuatkan panitianya. Kita juga perlu memperhatikan anak-anak S3 yang berprestasi. Kami mengajak kita semua memberi ide untuk kemajuan S3 kedepan, " kata Ediswan.

Ediswan menyebutkan, bahwa S3 adalah organisasi yang besar, terbukti ada IK-IK dibawah naungan S3 kepengurusannya terbentuk mulai dari daerah, provinsi hingga ke pusat.

Sekretaris Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai, Jhonfikar memberikan apresiasi karena S3 telah melakukan Rakercab. " Saya yakin dibawah pimpinan bapak Ediswan ini kantor Sekretariat S3 akan segera ada. Program kerja ini silakan dibuatkan untuk keperluan anggota dan juga masyarakat Dumai umumnya, karena Dumai adalah kampung kita juga, "pesannya.

Presidium sidang Rakercab S3 ke - III ini dipimpin oleh Ediswan, S.Ag, pimpinan sidang II, Yospider Gumanti Mp dan pimpinan sidang ke III Dodi Raveni. Sidang dinyatakan quorum karena sudah dihadiri oleh sejumlah pengurus S3 dan perwakilan IK-IK dibawah naungan S3 Kota Dumai.

Pembina S3 Kota Dumai, Oktal, BA menutup Rakercab dan mengakui periode saat ini sangat bersemangat, tujuannya untuk kemajuan S3. " Apa yang telah dibahas melalui komisi A, B dan C tentunya agar dapat kita jalankan. Mudah-mudahan kedepan S3 tetap kompak dan bermanfaat bagi masyarakat Dumai, "pungkasnya.(cu)