Kegiatan Donor Darah Apical Dumai Terkumpul 120 Kantong Darah

Humas Apical Dumai, Kamero Bangun saat donor darah yang diadakan oleh perusahaan setiap enam bulan sekali

DUMAI (Surya24.com) - Apical Dumai kembali menggelar kegiatan donor darah yang merupakan program rutin perusahaan yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. 

Dalam pelaksanaannya Apical Dumai bekerja sama dengan PMI kota Dumai. Satu unit mobil donor darah, bersama dengan lima orang petugas ditugaskan untuk melayani kegiatan donor darah ini di lokasi PT. Sari Dumai Sejati. 

Menurut para ahli, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru. Sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik. 

" Senada dengan pendapat ahli di atas donor darah juga merupakan bagian dari kepedulian sesama, "ujar Kamero Bangun, Humas Apical Dumai, Senin (7/2/2022). Adapun jumlah kantong darah yang terkumpul pada hari Rabu, 2 Februari 2022 sebanyak 40 kantong dan kegiatan donor darah dilanjutkan pada hari Kamis 3 Februari 2022 terkumpul sebanyak 80 kantong.

Ada 150 karyawan yang mendaftar menjadi pendonor tapi yang memenuhi syarat menjadi pendonor hanya 120 orang. Setiap pendonor diberi bingkisan vitamin dan susu dari PMI serta minyak goreng 2 liter dari perusahaan. 

Kegiatan donor darah merupakan rangkaian dalam kegiatan memperingati bulan K3 2022. Selain itu pada tanggal 27 Januari sudah diadakan seminar kesehatan yang dipandu oleh dr. Tri Maharani dari Laboratorium Klinik Thamrin, Dumai. 

Dalam penyampaiannya, dr Tri Maharani menekankan pola hidup bersih dan sehat untuk menunjang produktivitas kesehatan sehari hari. Ada sekitar 40 orang karyawan yang mengikuti seminar kesehatan tersebut tetap dengan protokol kesehatan. 

Rencana selanjutnya untuk kegiatan donor darah di Apical Dumai akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 dengan harapan karyawan lebih banyak mendonorkan darah. 

Apical Dumai mengucapkan terima kasih kepada PMI Dumai dan Laboratorium Thamrin atas kerjasama dan partisipasi dalam memperingati bulan K3 2022.(rls Apical)