Disaat Warga Tidur Pulas, Petugas Kebersihan DLH Berjibaku Memungut Sampah

ROHIL (Surya24.com) - Hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah dibawah guyuran hujan disaat yang lain tertidur pulas, petugas Kebersihan Dinas DLH Rohil bertungkus- lumus memungut sampah di Jalan-Jalan Protokol dan rumah warga di Kota Bagansiapiapi Rohil.

Petugas kebersihan ini lembur bertugas mengangkut sampah dan di bawa ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Batu Enam Bagan Punak.

Petugas kebersihan DLH Rohil ini bekerja di dinginnya malam mulai Senin (2/5/2022) Jam 23.00 WIB hingga Selasa (3/5/2022) dini hari sampai Jam 04.00 WIB.

2 Tim petugas kebersihan didukung 2 unit truk sampah bergerak menyisir jalan-jalan bekerja untuk menjaga kebersihan di Kota pusat pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir tersebut.

" Kami bertugas bekerja lembur di lapangan, walau suasana lebaran kami tetap bekerja sesuai tugas yang diembankan pimpinan kepada kami, " aku Rudi (45) didampingi rekan satu timnya di Dinas Lingkungan Hidup Rohil.

" Tugas tentu kami jalankan dengan baik sesuai  mekanisme kerja dan intruksi pimpinan, "tambah Rudi dan teman-teman mengaku tetap bersemangat sekalipun dibawah guyuran hujan.

Terpisah Kepala Dinas DLH Rohil, Suwandi S Sos, Rabu (4/5/2022) membenarkan pihaknya mengatur jadwal petugas kebersihan bekerja di hari Raya Idul Fitri tersebut.

" DLH membuat jadwal kerja dan petugas di lapangan untuk menjaga kebersihan Kota, Jalan-Jalan Protokol, "sebut Suwandi. " Petugas kita mengangkat sampah, mereka bekerja lembur hingga dinihari. Ini upaya kami untuk menjaga kebersihan karena Kota Bagansiapiapi pernah meraih penghargaan Kota bersih beberapa Tahun lalu," aku Suwandi dan siap pula menuju meraih Adipura.

" Bayangkan sehari saja jika petugas tidak bekerja sampah pasti berserakan, bertumpuk dan membuat tak sedap mata memandangnya, " terang Kepala DLH Rohil ini.

" Petugas kebersihan stanby bekerja sesuai jadwal untuk menjalankan tugas mereka membawa sampah ke TPA. Saya berterima kasih atas dedikasi tingginya semangat bekerja petugas di lapangan, " tambah Suwandi.

Terpisah Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wabup H.Sulaiman SS.MH dimintai komentarnya seputar tenaga kebersihan DLH Rohil yang bekerja disaat  libur mengaku salut dengan kinerja petugas lapangan DLH tersebut.

" Kita apresiasi, berterima kasih atas semangat dan kerja keras mereka di lapangan. Tentunya kami berupaya meningkatkan kesejahteraan petugas DLH nota bonenya tenaga honorer ini, " sebut Afrizal Sintong.

Sementara menurut Wakil Bupati Rohil H.Sulaiman, Pemkab Rohil melalui DLH sudah pula mengikut sertakan petugas kebersihan di dalam Asuransi dan BPJS.

" Kepada petugas kami menghimbau tetap menjaga kesehatan, keselamatan, jika hujan pakai mantel, sampul tangan, " harap Wabup Rohil ini.

H.Sulaiman menghimbau masyarakat untuk meletakkan sampah pada tempat yang telah disediakan agar petugas mudah memungutnya.

" Pengertian masyarakat terhadap sampah cukup tinggi, kami tetap menghimbau agar tidak membuang sampah sembarangan, apa lagi sampah yang tidak dapat di urai, "ajak Wabup. (Yan)