Wabup Rohil Pimpin Apel Siaga Karhutla, Ini Pesannya

ROHIL (Surya24.com) - Munculnya titik api Karhutla di Rokan Hilir sejak beberapa hari ini membuat berbagai pihak dan Pemkab Rohil siaga api. Kamis (14/7/2022) Wakil Bupati Rohil, H.Sulaiman SS.MH memimpin Apel Gabungan Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan di halaman Kantor BPDB Rohil di Batu Empat Bagan Punak Bagansiapiapi.

Wabup Rohil H.Sulaiman SS.MH memimpin Apel Siaha Karhutlan yang diikuti seluruh personil Satgas gabungan BPDB Riau, Rohil, Manggala Agni Daops Dumai, Satpol PP .

H.Sulaiman SS.MH meminta semua pihak waspada dengan kondisi kemarau saat ini agar memantau wilayah dan daerah, jika muncul titik api agar segera menginformasikanya ke BPDB dan Satgas Karhutla.

" Saya menyampaikan pesan Bapak Bupati Rohil, Afrizal Sintong, juga harapan saya kiranya memantau dengan cermat daerah rawan karhutla. Tak kalah pentingnya Satgas gabungan Karhutla agar sigap, kompak, bahu membahu, bekerjasama di lapangan menjalankan tugas pemadaman api, " harap Wabup Rohil, H.Sulaiman SS.MH didampingi Kepala BPDB Rohil, Ari Darma Putra di hadapan personil gabungan Satgas Karhutla.

Bahkan juga, H.Sulaimsn SS.MH menghimbau pihak Perusahaan Perkebunan di Rohil peduli turut membantu nemadamkan api jika terjadi di sekitar daerah operasionalnya. " Kepada Perusahaan-Perusahaan kami himbau partisipasi, rasa peduli terhadap Karhutla ini, " ingat Wabup Rohil.

Usai apel siaga Satgas Karhutla, Kepala BPDB, Ari Darma Putra menyebutkan bahwa Satgas Karhutla stembay dan waspada dengan kondisi terkini di Rohil.

" Peralatan stembay dengan kondisi layak pakai, personil siaga baik di lapangan, bila-bila waktu bergeser ke titik api Karhutla, jika bari ditemukan atau muncul, " aku Ari Darma.

Personil Satgas gabungan sejak empat hari lalu sudah berjibaku memadamkan titik api di beberapa titik termasuk di lokasiLabuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko. Kondisi terkini titik api muncul di Rokan Hilir, menimbulkan kabut asap dan cuaca terasa gerah, mata perih dan batuk mulai mengancam masyarakat akibat Karhutla ini. (YH)