Ginjal Kamu Ingin Bersih? Jangan Abaikan 6 Makanan Ini

Ilustrasi (Dok:iStock/simon2579)

JAKARTA(Surya24.com)-Ginjal kotor harus dibersihkan. Pasalnya saat ginjal kotor dia berpotensi rusak dan mendatangkan berbagai penyakit berbahaya. Anda bisa membersihkannya dengan makanan pembersih ginjal.

Perlu diketahui, ginjal adalah salah satu organ tubuh yang menakjubkan. Kurang lebih 200 liter darah diproduksi ginjal setiap hari, dia juga bisa membuang racun agar tubuh tetap berfungsi optimal dan sehat.

Melansir cnnindonesia, saat ginjal kotor, dia jadi tidak mampu mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh. Racun-racun ini akan menumpuk di dalam tubuh dan menghambat fungsi normal ginjal, hati dan organ lainnya.

Jika ini terjadi, Anda akan mudah merasa lelah, sakit perut, sakit kepala, retensi air dan berbagai masalah lainnya. Penumpukan racun dan limbah juga dapat menyebabkan batu ginjal.

Makanan pembersih ginjal

Ginjal harus tetap bersih agar bisa berfungsi secara optimal. Cara membersihkannya adalah dengan konsumsi beberapa makanan yang bisa membersihkan ginjal Anda.

Berikut ini adalah beberapa makanannya yang tentu saja mudah ditemukan dan enak;

1. Kurma

Makanan yang identik dengan puasa Ramadan ini ternyata ampuh membersihkan dan merawat ginjal Anda. Melansir Advanced Urology Institute, kurma yang direndam dalam air selama 24 jam dan dikonsumsi setelah bijinya dibuang efektif melarutkan dan membuang batu ginjal.

Kurma kaya akan serat, membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga bisa membersihkan ginjal.

2. Delima

Jus dan biji buah delima mengandung potasium dalam jumlah besar sehingga efektif dalam menghilangkan batu ginjal. Kalium yang terkandung pada buah ini juga bisa menurunkan keasaman urine, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, membatasi kristalisasi mineral, dan membuang racun serta limbah dari ginjal.

 

3. Buah beri

Buah beri, khususnya blueberry mengandung banyak antioksidan alami. Melansir Eat This, buah ini sangat ideal untuk ginjal yang bersih dan sehat karena rendah fosfor, kalium, dan natrium. Bukan hanya itu, buah ini juga bisa mengurangi peradangan.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung vitamin C dan vitamin B6. Keduanya baik untuk kesehatan ginjal. Pastikan untuk menggunakan bawang putih saat memasak alih-alih menambahkan banyak garam, agar rasa makanan lebih kuat.

5. Daging ayam tanpa kulit

Ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit lemak, natrium, dan fosfor. Ayam tanpa kulit merupakan pilihan yang baik untuk diet khusus ginjal. Plus, mudah untuk dimasukkan ke dalam resep yang tak terhitung jumlahnya.

6. Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang paling mudah ditemukan. Dia juga memiliki rasa yang enak dan sangat terjangkau, tapi yang terpenting, kubis mengandung nutrisi dan mineral, yang bagus untuk kesehatan ginjal, serta kesehatan perut.

   Dalam kubis, Anda akan menemukan kalsium, vitamin K, vitamin C, serat, mangan, vitamin B6, folat, dan banyak lagi. Ini juga rendah fosfor dan kalium, dua mineral yang harus Anda hindari jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Itulah beberapa makanan pembersih ginjal yang mudah diolah, mudah ditemukan, dan tentu saja enak. Selamat mencoba.***