Bingung Cara Pasang Charger di Motor? Ngga Pakai ke Bengkel Lakukan Ini

JAKARTA(Surya24.com) - Pasang charger HP di motor ini bisa jadi solusi buat pemilik motor keluaran lama yang tak memiliki soket charger bawaan. Buat yang ingin pasang charger HP di motor, saat ini sudah banyak part aftermarket universal yang dijual di pasaran. Pemilik tinggal pasangkan saja di motor mengikuti petunjuk yang sudah disediakan.

"Buat cara pasang charger tambahan ini sebenarnya gampang, tinggal ikuti petunjuk yang biasanya disediakan dalam kemasan," ucap Wahyu Juliansyah mekanik bengkel Sulthon Jaya Motor dikutip otomotifnet.com.

Mayoritas soket charger aftermarket biasanya memiliki dua buah kabel yang terdiri dari satu kabel berwarna merah, dan satu berwarna hitam.

Sambungkan saja kabel dari soket charger aftermarket ini ke sistem kelistrikan di motor.

"Kabel yang berwarna merah sambungkan ke kutub positif (+) aki, sedangkan yang hitam ke kutub negatif (-) aki. Kalau warna kabelnya berbeda, tinggal baca saja petunjuk pemakaiannya," yakinnya.

 

Agar soket tidak mudah rusak atau terjadi korsleting, Wahyu menyarankan agar posisi soket dipasang di daerah yang tidak rawan terkena air.

"Jika penempatannya di area terbuka, pilih soket charger yang memiliki penutup agar bisa ditutup ketika tidak digunakan," ujar Wahyu yang bengkelnya di Jl. Kedongdong, Depok, Jawa Barat.

Selain itu, saat pembelian soket kalian juga harus teliti memilih spesifikasi output yang dikeluarkan agar sesuai dengan gadget yang kalian miliki.

"Sebab output yang dikeluarkan berbeda-beda. Ada yang 5 volt 1 ampere dan ada juga yang 5 volt 2,1 ampere dan lainnya. Jadi tinggal sesuaikan," tutupnya.***