MERINDING! Antar Jenazah Gadis Penari Suka Lagu Jawa, Malah Putar Lingsir Wengi dalam Ambulan: 'Buat Temani Mbaknya'

(Dok:dream.co.id)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Sebuah kisah yang menyedihkan namun disampaikan dengan cara yang bikin merinding diceritakan TikToker yang hanya ingin dikenal sebagai Heri Reborn.

Pemilik akun TikTok @herireborn ini kebetulan adalah seorang pengemudi mobil ambulans pengantar jenazah di salah satu rumah sakit.

Melansir dream.co.id, kali ini video pengalaman Heri Reborn itu diunggah ulang oleh akun TikTok lainnya @pemuda_gembira dan makin viral di media sosial.

Malam itu, Heri mendapat tugas mengantar jenazah seorang gadis yang meninggal secara mendadak saat dirawat di rumah sakit.

"Assalamualaikum wr wb, jumpa lagi kawan-kawan semuanya dengan pengantar jenazah Heri Reborn.

" Malam ini kita akan mengantarkan jenazah ya, masih gadis ini mbaknya," kata Heri mengawali kisah seramnya.

Menurut Heri, gadis yang terbujur kaku di belakangnya itu adalah anak yatim. Dia tinggal sama kakak dan ibunya.

Tadi pagi hingga siang hari, gadis tersebut sebenarnya masih sehat ketika dirawat di rumah sakit.

"Tadi keadaannya membaik dan tiba-tiba drop. Saat membaik keluarganya sudah pulang, tinggal kakaknya.

"Tiba-tiba drop siang tadi, hanya ditungguin kakaknya. Dan akhirnya meninggal dunia," kata Heri.

Setelah mengurus jenazah, Heri dan kakak gadis itu mengantar pakai ambulans ke rumah duka malam harinya.

Namun sang kakak memilih naik kendaraannya sementara Heri terpaksa mengantarkan jenazah sendirian dengan mobil ambulans.

Selama mengemudikan mobil jenazah, Heri kemudian bercerita tentang sosok sebenarnya gadis tersebut.

"Jadi mbaknya ini adalah seorang penari di kampungnya ya. Dia bercita-cita ingin sekolah tari di Institut Tari di Solo kalau ndak salah," cerita Heri.

Tapi berhubung memang kondisi fisiknya dari kecil gadis itu sering sakit. Jadi cita-cita tersebut tidak sampai terwujud.

Kata Heri, gadis itu sangat suka dengan tari atau langgam (lagu) Jawa. Yang bikin merinding adalah gadis itu sangat suka dengar lagu Lingsir Wengi.

Seperti diketahui lagu Jawa ini sempat trending beberapa waktu lalu ketika dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Sebagian orang menganggap lagu ini ditujukan untuk memanggil makhluk halus terutama kuntilanak. Sementara ada juga yang beranggapan bahwa lagu ini sebagai penolak bala.

Kembali ke cerita Heri, pengantar jenazah ini pun ikut penasaran dengan lagu Lingsir Wengi yang konon bisa memanggil makhluk halus.

Bukannya takut karena sedang membawa jenazah di belakang kursi kemudinya, Heri malah memutar lagu Lingsir Wengi dalam mobil ambulansnya,

"Saya tadi nyari musiknya ketemua ya. Coba saya putarkan seperti apa sih Lingsir Wengi itu (untuk) menemani mbak ini ya," kata Heri.

Saat itu posisi mobil ambulans pengantar jenazah masih melalui jalan kecil yang sepi dan gelap, belum sampai di jalan raya.

Sementara di dalam ambulans tersebut juga sedikit gelap. Hanya satu lampu kecil di atas keranda yang menyala memperlihatkan jenazah gadis itu.

Beberapa saat kemudian, suara lagu Lingsir Wengi yang dikenal mistis pun terdengar. Lagu itu seolah menemani perjalanan terakhir gadis dalam mobil jenazah itu.

Suasana di dalam mobil pengantar jenazah pun tiba-tiba terasa seram. Siapa pun pasti akan merinding jika berada di posisi Heri yang sedang mengemudikan ambulans.

Setelah beberapa saat, mobil jenazah itu berhenti sebentar di pinggir jalan. Ternyata, Heri yang terkenal pemberani mengaku merinding dengan suasana di dalam ambulans.

Dia menyalakan lampu di dalam, dan membalikkan badan untuk membetulkan kain penutup jenazah gadis yang semasa hidup sangat suka lagu Lingsir Wengi itu.

" Aduh.. kok merinding ya.. Saya tak mbenerin penutup jenazahnya kayak goyang ya," kata Heri.

Akhirnya, setelah beberapa lama mobil pengantar jenazah pun hampir tiba di rumah duka. Heri mengaku merinding juga dengar lagu tersebut sambil antar jenazah.

"Merinding sih, ya gimana lagi... saya penasaran lagunya seperti apa. Ternyata merinding!" pungkas Heri.***

Sumber: TikTok