PARLEMENTARIA DPRD KOTA DUMAI

DPRD Dumai Siapkan Susunan Alat Kelengkapan Dewan

DUMAI (Surya24.com) - Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai terus dipersiapkan menyusul telah dimulai masa pengabdian 30 anggota baru periode 2019-2024 hasil Pemilu Legislatif 2019 lalu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota. DPRD terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum, mempunyai fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah provinsi dan kabupaten kota.

Dari hasil penghitungan perolehan suara pemilihan legislatif di Kota Dumai, Partai Demokrat menjadi pemenang dengan lima kursi DPRD, disusul Nasdem, PKS dan PDI Perjuangan, sedangkan Golkar, PAN dan Gerindra, PPP tiga kursi, dan satu kursi untuk Partai Hanura.

Adapun 30 DPRD Dumai 2019-2024, untuk Dapil I Kecamatan Dumai Kota Idrus (Gerindra), Haslinar (Nasdem), Muhammad Al Ikhwan Hadi (PKS), Suprianto (Demokrat) dan Gusri Effendi (PDIP).

Dapil II Kecamatan Dumai Timur - Medang Kampai, Syafrizal Nurdin (PAN), Andy Putra Silitonga (PDIP), Rudi Hartono (PKS), Sri Wanah (Nasdem), Yuhandri (Gerindra), Mara Hamdan Harahap (Demokrat), Hasan (PPP) dan Edison (Golkar).

Dapil III Kecamatan Bukit Kapur - Sungai Sembilan, Bahari (PDIP), Bujang (PAN), Mawardi (PKS), Kamisan (Demokrat), Yusman (Nasdem), Jem Harahap (Hanura), Ponimin (Golkar) dn Salman (PPP).

Terakhir Dapil IV Kecamatan Dumai Barat - Dumai Selatan, Agus Purwanto (Demokrat), Tahjuddin Effendi (PKS), Syarifah (Golkar), Marihot Sitorus (PDIP), Sutrisno (Nasdem), Johannes MP Tetelepta (Gerindra), Hasrizal (PAN), Roni Ganda Bakara (Demokrat) dan Hamdan (PPP).

Sedangkan susunan AKD yang telah dipersiapkan dan dibentuk terdiri atas, pimpinan, badan musyawarah, komisi, badan legislasi daerah, badan anggaran, dan badan kehormatan masih dalam proses pembentukan, serta AKD lain yang diperlukan dan dibentuk oleh rapat paripurna.

Sekretaris DPRD Dumai, Fridarson menyebut bahwa alat kelengkapan dewan sudah dibentuk diantaranya, sudah diantik dan mengucapkan sumpah tiga pimpinan DPRD Kota Dumai di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Dumai, Hendri Tobing.

Ketiganya yaitu, Agus Purwanto dari Partai Demokrat sebagai ketua, Mawardi dari PKS dan Bahari PDIP pada posisi wakil ketua. Proses pelantikan digelar dalam Paripurna dan Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Dumai dipimpin Ketua Sementara Supriyanto di Gedung DPRD Jalan Perwira Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur beberapa waktu lalu.

Kemudian, sudah dibentuk 8 fraksi, yaitu, Fraksi Demokrat dengan 5 kursi, Fraksi PKS 4 kursi, Fraksi PDI Perjuangan 4 kursi, Fraksi Nasdem gabungan Hanura (masing-masing 5 dan 1 kursi), Fraksi Golkar 3 kursi, Fraksi PAN 3 kursi, Fraksi PPP (3 kursi) dan Fraksi Gerindra 3 kursi.

Penyusunan awal AKD dipimpin oleh Pimpinan sementara DPRD Dumai yaitu Supriyanto dari Demokrat dan Haslinar dari Nasdem bersama anggota. Untuk penentuan pimpinan definitif, berdasarkan surat penunjukan nama oleh partai pemenang yang berhak menduduki kursi pimpinan, yaitu Demokrat posisi ketua, PKS dan PDI Perjuangan di posisi wakil ketua.

Ketua DPRD Dumai Agus Purwanto saat pelantikan berharap agar seluruh pimpinan dan anggota dewan langsung menjalankan fungsi dan peran sebagai anggota legislatif dan wakil rakyat hasil Pemilu 2019. "Kami menyadari apapun tugas yang ditetapkan di pundak akan sulit berhasil tanpa solidaritas dukungan dan kebersamaan nyata dari seluruh anggota dewan, forum koordinasi pimpinan daerah dan semua pihak," kata Agus.

Selain itu, agar seluruh anggota dewan bersatu membangun Kota Dumai tanpa memandang warna dan mengajak untuk mengawal pelaksanaan pembangunan yang dijalankan pemerintahan dalam rangka mewujudkan visi misi Dumai kota makmur dan madani.

Sebagai bagian dari unsur pemerintah daerah, lanjutnya, DPRD tidak akan membiarkan Pemkot Dumai bekerja sendiri dalam menghadapi berbagai persoalan, karena disadari tantangan ke depan tidak sederhana. "Kedepan tantangan dan persoalan pembangunan dari berbagai dimensi akan dihadapi bersama, karena itu perlu koordinasi dan kekompakan bersama semua unsur pemerintah daerah," sebutnya.

Susunan komisi sebagai AKD DPRD Kota Dumai yang sudah dibentuk dan ditetapkan, Komisi I Bidang Pemerintahan dengan susunan: Mawardi (PKS) sebagai koordinator, Haslinar (Nasdem) sebagai ketua, Edison (Golkar) wakil ketua, Salman (PPP) sekretaris, ditambah anggota Mara Hamdan Harahap (Demokrat), Sri Wanah (Nasdem), Rudi Hartono (PKS), Bujang (PAN), Andy Putra Silitonga (PDIP) dan Idrus dari Gerindra.

Komisi II Bidang Sosial Ekonomi terdiri, Bahari (PDIP) sebagai koordinator, Gusri Effendi (PDIP) ketua, Hamdan (PPP) wakil ketua, Ponimin (Golkar) sekretaris, dengan anggota Kamisan (Demokrat), Jem Harahap (Hanura), Tahjuddin Effendi (PKS), Syafrizal Nurdin (PAN) dan Yuhandri Gerindra.

Komisi III Bidang Infrastruktur dan Perhubungan, Agus Purwanto (Demokrat) sebagai koordinator, Hasrizal (PAN) ketua, Suprianto (Demokrat) wakil ketua, Sutrisno (Nasdem) sekretaris, dan anggota Marihot Sitorus (PDIP), M Al Ichwan Hadi (PKS), Hasan (PPP), Yusman (Nasdem), Roni Ganda Bakara (Demokrat), Johannes MP (Gerindra) dan Syarifah dari Golkar.

Adapun susunan Badan Anggaran DPRD Kota Dumai, Agus Purwanto sebagai ketua, Mawardi dan Bahari sebagai wakil ketua, dengan anggota, Supriyanto, Mara Hamdan Harahap, Rudi Hartono, M Al Ichwan Hadi, Gusri Effendi, Andy Putra Silitonga, Yusman, Sutrisno, Hasrizal, Salman, Syarifah, Johannes MP dan Fridarson Sekretaris DPRD bukan anggota.

Sementara, untuk susunan Badan Musyawarah DPRD Dumai, Ketua Agus Purwanto, Wakil Ketua Mawardi dan Bahari, Anggota Roni Ganda Bakara, Kamisan, M Al Ichwan Hadi, Tahjuddin Effendi, Gusri Effendi, Andy Putra Silitonga, Sri Wanah, Jem Harahap, Hasan, Ponimin, Syafrizal Nurdin, Yuhandri dan Fridarson selaku Sekretaris DPRD Dumai.

Kemudian, Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Dumai, Edison sebagai ketua, Jem Harahap wakil ketua, dengan anggota, Suprianto, Roni Ganda Bakara, Tahjuddin Effendi, Sutrisno, Marihot Sitorus, Hamdan, Bujang, Idrus dan Fridarson Sekretaris DPRD Dumai. (Parlementaria DPRD Dumai)