Ini 10 Makanan Terlarang Saat Amandel Bengkak

Ilustrasi (Dok: iStock/bymuratdeniz)

JAKARTA (Surya24.com) - Demam, sakit untuk menelan dan lainnya jadi 'teman sehari-hari' saat amandel bengkak. Ada 10 makanan terlarang saat amandel bengkak, bukan cuma es atau minuman dingin.

Penyakit radang amandel umumnya membuat penderitanya sulit makan dan minum lantaran merasa tidak nyaman pada tenggorokan. Amandel yang membengkak dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan.

Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari saat radang amandel?

Mengutip Healthline, amandel adalah garis pertahanan pertama bagi tubuh untuk melawan penyakit. Amandel menghasilkan sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi.

Melansir cnnindonesia.com, amandel memerangi bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui mulut dan hidung. Namun, amandel juga rentan terhadap infeksi dari patogen yang dihindari. Virus, seperti pada flu biasanya, dapat memicu radang amandel. Infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan, juga mungkin menjadi penyebabnya.

Tonsilitis jika akut, dapat diobati melalui obat-obatan dan pembatasan pola makan. Tonsilitis akut juga biasanya bisa sembuh dalam beberapa hari.

Berikut pantangan makanan yang harus dihindari saat amandel membengkak selain es dan minuman dingin, dikutip dari NDTV:

1. Makanan kering

Mengonsumsi makanan yang kering akan membuat penderita radang amandel sulit untuk menelan makanannya. Makanan kering juga dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan.

2. Goreng-gorengan

Makanan yang digoreng harus dihindari bagi para penderita radang amandel karena makanan ini dapat menyebabkan iritasi pada amandel.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya merupakan sesuatu yang digoreng dan memiliki tekstur yang kering. Penderita amandel dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan yang digoreng dan kering karena teksturnya yang terlalu keras di tenggorokan.

4. Makanan pedas

Makanan pedas wajib dihindari karena dapat menyebabkan peradangan pada amandel dan juga dapat mengiritasi telinga. Nyeri dan ketidaknyamanan di telinga adalah gejala umum tonsilitis lainnya.

5. Minuman beralkohol

Alkohol yang dalam hal ini mirip dengan makanan pedas memiliki sifat inflamasi. Mengonsumsi alkohol saat menderita tonsilitis dapat menyebabkan iritasi parah, nyeri, dan sensasi terbakar pada tenggorokan.

6. Buah-buahan dan sayuran mentah

Buah-buahan dan sayuran mentah dapat menjadi sumber patogen lain yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Ini termasuk dalam 10 makanan terlarang saat amandel bengkak.

7. Tomat

Tomat kaya akan asam oksalat. Komponen asam ini dapat mengiritasi amandel dan memperburuk gejala radang amandel pada penderitanya.

8. Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda dapat menyebabkan reaksi yang mirip dengan alkohol dan dapat mengiritasi tenggorokan.

9. Buah-buahan sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, limau dan lainnya memiliki sifat asam. Hal ini akan menjadi terlalu keras untuk tenggorokan dan dapat mengiritasi amandel.

10. Makanan bertekstur keras

Bagi para penderita radang amandel, makanan terlarang saat amandel bengkak, dianjurkan untuk menjauhi makanan seperti keripik kentang, pretzel atau popcorn atau apapun makanan yang bertekstur keras yang dapat menyakitkan ketika ditelan.***