"Bangkit Bersama Menuju Siak Lebih Maju"

HUT ke 23 Kabupaten Siak Telah Menunjukkan Capaian yang Menggembirakan

SIAK (Surya24.com) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-23 Tahun sekaligus Penyerahan Piagam Penghargaan Bupati Siak, di Halaman Kantor Bupati Siak, Senin (12/10/22).

Bupati Siak bertindak selaku Inspektur Upacara meminta peringatan hari jadi kabupaten Siak kali ini dijadikan sebuah perenungan. Sejauh mana semangat kebersamaan yang menjadi latar belakang perjuangan pembentukan Kabupaten Siak tersebut, terpatri dalam memajukan negeri ini.

"Karena itulah, Hari Jadi Kabupaten Siak pada tahun ini kita peringati dengan mengusung tema “Bangkit Bersama, Menuju Siak Lebih Maju". Yang merupakan kristalisasi dari teladan semangat kebersamaan para pendahulu kita dimasa lalu, untuk terus maju menuju kebangkitan Negeri Istana" sebutnya.

"Khususnya pasca pandemi Covid 19, yang melemahkan seluruh sendi kehidupan negara-negara dunia beberapa waktu lalu" tambahnya.

Dijelaskan Bupati Alfedri, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Siak telah menunjukkan beberapa capaian-capaian yang menggembirakan, diantaranya Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Siak Tahun 2021.

Dimana telah mencapai angka 73,18, atau naik 0,30 persen dari tahun 2020 sebesar 73,68. Pada saat ini, IPM Kabupaten Siak sudah berada pada peringkat tertinggi ketiga di Provinsi Riau.

"Selain itu, tingkat kemiskinan di Kabupaten Siak pada Tahun 2021 berkisar 5,18, yang berada dibawah angka rata-rata kemiskinan di Provinsi Riau sebesar 7,00. Sementara itu, untuk PDRB ADHK Kabupaten Siak pada tahun 2021 sebesar 2,31, artinya terjadi peningkatan apabila dibandingkan tahun sebelumnya yaitu -0,10 persen" jelasnya.

Lanjut, sejumlah penghargaan dalam kurun waktu satu tahun kebelakang juga telah diraih oleh Pemda bersama masyarakat. Atas pencapaian prestasi dan kemajuan pembangunan baik dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Ada 15 penghargaan yang telah di raih Pemda bersama masyarakat. Salah satunya yaitu, penghargaan kabupaten terbaik dalam penyediaan akses keuangan di wilayah terpencil dari Kementerian Koperasi dan UKM," pungkasnya.

Usai gelaran upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-23, dilanjutkan dengan penyerahan 180 Piagam Penghargaan oleh Bupati Siak kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik. Kemudian Camat terbaik, dalam Kegiatan Evaluasi Kinerja dan Penilaian Camat serta Kecamatan Terbaik se-kabupaten Siak tahun 2022.

Sejumlah perusahaan yang beroperasi diwilayah kabupaten Siak juga menerima penghargaan, sebagai Perusahaan Aktif Menjalankan Program Tjsl 2021 dan Perusahaan Peduli Tanggap Karhutla. Selanjutnya juga penghargaan kepada Kampung dan Kelurahan Terbaik, Balai Penyuluhan Berprestasi dan Terbaik Penyuluhan PNS Berprestasi, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berprestasi, sekaligus penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba Festival Film Pendek Siak tahun 2022 dengan tema Warisan Budaya Tak Benda yang diselenggarakan di Lapangan Siak Bermadah.(rls)