Resep Wingko Keju, Lembut Gurih dan Tahan Lama

Ilustrasi (Dok: SHUTTERSTOCK/LEARNMOREANDMORE)

JAKARTA (Surya24.com) - Saat berkunjung ke Semarang, tak jarang kamu pasti pernah mendapati toko oleh-oleh yang menjual wingko. Olahan kelapa parut dengan tepung ketan yang lembut dan manis ini memang banyak dijadikan oleh-oleh.

Kamu bisa membuat wingko sendiri di rumah dengan daya tahan yang cukup lama dan kreasi resep lainnya. Seperti resep wingko keju dari buku "KUE POPULER INDONESIA RESEP BAKULAN TOKO SABINE Laris Manis Dijual" (2022) oleh AA Putu Tuti Diantarini @kuesabine_bytutiputu terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa membuatnya dengan cetakan kue lumpur.

Melansir kompas.com, salah satu tips membuat wingko tahan lama adalah kukus dulu kelapa parut yang akan digunakan hingga matang.

Resep wingko keju

Bahan

500 gram tepung ketan

1 1/2 butir kelapa muda parut

200 gram gula pasir

1 sdt vanili bubuk

1 sdt garam 250 ml air

2 sdm margarin leleh

100 gram susu kental manis

250 gram keju cheddar parut

Cara membuat wingko keju

Siapkan wadah dan campurkan semua bahan kecuali keju parut menjadi satu. Aduk hingga gula larut. Olesi cetakan kue lumpur dengan margarin. Panaskan cetakan kemudian nyalakan api kompor besar beri tumpuan agak tinggi. Letakkan sekitar satu sendok makan keju parut di cetakan, ratakan. Tunggu sampai agak kecokelatan, siram dengan adonan sampai penuh. Diamkan selama tujuh menit balik wingkonya. Kalau permukaan masih basah, olesi permukaan dengan margarin. Tutup cetakan, masak sekitar lima menit lagi. Angkat dan sajikan wingko keju.***