Pemukulan Bedug oleh Gubernur Tanda Dimulainya MTQ Nasional ke - 40 Tingkat Kota Solok

KOTA SOLOK (Surya24.com)- Mewakili Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi, Asisten I Setda Provinsi Sumbar, Devi Kurnia melakukan pemukulan Bedug sebagai tanda dimulainya MTQ Nasional ke - 40 tingkat kota Solok.

Turut hadir pada siang itu, Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penais Zawa, Yufrizal, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar serta Dr.H.Ramadhani Kirana Putra sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kota Solok, Jum'at (21/10), di GOR Tanjung Paku, kecamatan Tanjung Harapan.

Membacakan sambutan Gubernur Sumbar, Devi Kurnia mengatakan, MTQ merupakan wujud keinginan dalam membumikan Al Quran serta menjadi upaya untuk terus menegakkan ajaran Islam didaerah setempat.

MTQ bukan hanya sebuah ajang perlombaan, melainkan sebuah upaya agar masyarakat semakin mencintai Al Qur'an dan meningkatkan kesadaran beragama dengan berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara badandi Kitabullah.

Pada kesempatan sebelumnya, walikota Solok mengatakan, MTQ merupakan agenda rutin yang diselenggarakan satu kali dua tahun. MTQ juga bertujuan untuk menemukan bakat-bakat potensial untuk dikembangkan, dalam menghadapi perlombaan Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 nanti.

Sementara itu dalam laporannya Ramadhani menyebutkan, MTQ diikuti oleh 564 Kafilah yang terdiri dari 298 orang peserta putra dan 268 orang peserta putri, dan akan berlomba dicabang Tilawah, Tartil, Tahfiz, MSQ, MFQ. Khutbah Jumat, Kaligrafi, Kitab Standar, Tafsir serta M2IQ.

Kegiatan akan berlansung selama empat hari kedepan yakni, 21 hingga 24 Oktober 2022, dan terlaksana di sebelas tempat yang berbeda, diantaranya 7 Masjid, 3 sekolah, dan di GOR Tanjung Paku kota Solok. (basa)