INFOTORIAL PEMERINTAH KOTA DUMAI

7 SMP Negeri di Dumai Dapat Bantuan DAK dari Kementerian Pendidikan

DUMAI (Surya24.com) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kota Dumai tahun 2022 mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan Pusat melalui program Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sangat membantu untuk peningkatan kwalitas sarana dan prasarananya.

Tahun 2022 ini, dunia pendidikan kota Dumai kususnya ditingkat SMP mendapatkan dukungan dari Kementrian Pendidikan di kota Dumai ini berjumlah tujuh sekolah di beberapa kecamatan berbeda.

Salah satu program DAK Kementrian adalah di SMPN 6 Lubuk Gaung Dumai, yang mana terlihat ruangan baru Tata Usaha dan WC murid di sekolah tersebut sudah hampir rampung pembangunannya.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 6 Lubuk Gaung, Andi Effendi mengatakan kepada media, pihak sekolah sangat berharap program DAK ini bisa terus bertumbuh disetiap tahunnya demi peningkatan sekolah yang bermutu dalam akses sarana dan prasarana yang sangat membantu sekolah di seluruh Indonesia ini.

"Allhamdulilah tahun ini SMPN 6 Lubuk Gaung Dumai mendapatkan bantuan dari Kementerian melalui program DAK. Saat ini program DAK tersebut di sekolah kita sudah berjalan dalam bentuk pembangunan baru ruangan Tata Usaha beserta WC nya dan WC murid kita yang hampir selesai pengerjaannya." ungkap Kepala Sekolah SMPN 6 Lubuk Gaung di ruang kerjanya, Rabu (02/11/2022).

Kepala SMPN 6 itu menambahkan dengan persyaratan lengkap dan nomor Data Pokok Pendidikan atau Dapodik yang tertata dan terdata lengkap mesti harus di ikuti sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti pogram Kementrian tersebut haruslah dilakukan.

" Tentunya kita sebagai pihak sekolah harus mengikuti syarat dan ketentuan dari kementerian salah satunya nomor Dapodik sekolah kita harus lah lengkap tertata dan terdata. Pogram DAK ini sangat lah membantu pihak sekolah terutama sekolah yang di pinggiran pedesaan yang meningkatkan akses sarana prasarana sekolah melalui pogram DAK Kementrian ini." sebutnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Kota Dumai, Hj Yusmanidar, S.Sos, M.Si melalui Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Dumai, Ainawati S.Sos, M.Si mengatakan, dari 30 lebih SMP di Kota Dumai baik itu Negeri dan Swasta yang telah diajukan Dinas Pendidikan kota Dumai untuk tahun ini 7 sekolah SMP Negeri yang di setujui oleh Kementerian untuk program DAK di kota Dumai. Semua sekolah yang telah di ajukan itu berdasarkan survey langsung ke lokasi sekolah di Kota Dumai ini dengan tingkat kebutuhan berbeda beda.

"Sebelum masuk tahun 2022 ini kita pihak Dinas Pendidikan Kota Dumai melalui bidang SMP telah mengajukan hampir 30 lebih sekolah SMP negeri baik pun swasta untuk mendapatkan bantuan anggaran DAK dari Kementerian Pusat. Dan allhamdulilah saat ini kita mendapatkan program DAK tujuh sekolah SMP yang disetujui oleh pihak Kementrian Pendidikan dan itu semua sekolah SMP Negeri di kecamatan berbeda beda yang di kategorikan sekolah pinggiran atau perdesaan. Dan niat kami sebagai Dinas Pendidikan kota Dumai, di bidang SMP ini tentunya berharap semua sekolah SMP negeri baik pun swasta di Dumai mendapatkan semua program DAK ini. Namun semua itu tentunya keputusan pihak Kementerian, dalam persyaratan salah satu program DAK ini adalah nomor Dapodik sekolah harus lah tersusun dan terdata dengan benar dan baik, lahan sekolah yang mau di jadikan objek bangunan baru harus jelas dan tidak bersengketa dan semuanya itu juga kita pihak bagian SMP Dinas Pendidikan berdasarkan survey ketiap sekolah SMP di kota Dumai baru kita ajukan ke Kementerian." sebut Kabid SMP Dinas Pendidikan kota Dumai itu di ruang kerjanya, Selasa (01/11/2022).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Dumai itu berharap kepada sekolah ditingkat SMP Negeri maupun swasta harus bisa menata sekolah dengan baik dan selalu ikuti aturan aturan yang sesuai diterapkan oleh Kementerian Pendidikan sebagai proses menuju persyaratan untuk mendapatkan dukungan dari pusat baik pun daerah demi peningkatan ruangan kelas baru serta rumah dinas guru yang baik demi kemajuan sekolah di dunia pendidikan.(Inf/Diskominfotiksan Dumai)