Ini Bun? 4 Cara Membuat Spikoe Surabaya Lembut dan Mengembang, Tanpa Emulsifier

(Dok: Shutterstock)

JAKARTA (SURYA24.COM)  - Adonan spikoe kuno atau lapis surabaya akan dibagi menjadi tiga loyang saat dipanggang. Sebelum memisahkan dan memberi pasta ke dalamnya, pastikan sudah membuat adonan spikoe kuno dengan tepat.

Pasalnya, tulis kompas.com, cara membuat spikoe kuno yang tidak tepat bisa membuat bentuk bolu tidak mengembang dan lembut teksturnya. Kamu bisa menyimak empat cara membuat spikoe kuno agar lembut dan mengembang sempurna, seperti disampikan Chef Yongki Gunawan berikut ini.

  1. Kocok telur dengan kecepatan sedang Jangan mengocok telur dengan kecepatan tinggi saat membuat spikoe kuno. Hal ini bisa membuat bolu tidak mengembang sempurna.

"Telur bisa naik (mengembang) karena mengikat oksigen sehingga mengocok telur harus sempurna," jelas Yongki.

"Makanya mengocok telur tidak boleh dengan kecepatan tinggi supaya gesekannya berat, kayak meniup balon kalau satu kali meniup kan pecah. Nah, ini gak boleh begitu," jelasnya.

Yongki menyarankan, telur dan gula untuk membuat spikoe kuno sebaiknya dikocok dengan kecepatan sedang selama 10 menit.

2. Jangan overmix Overmix atau mengocok bahan terlalu lama juga berpengaruh pada hasil akhir spikoe kuno. Menurut yongki, mengaduk bahan terlalu lama akan menyebabkan adonan cair dan kulit spikoe kuno bergelombang.

3. Taruh di lemari kedap udara setelah matang Jika spikoe kuno sudah matang, jangan biarkan di suhu luar terlalu lama. Segera masukkan ke dalam lemari atau ruang kedap udara.

"Kalau sudah matang, jangan didiamkan dan di angin-angin, nanti zat cairnya ke luar sehingga kalau dimakan serat. Jadi harus dimasukkan ruang kedap udara agar berkeringat," kata Yongki saat mendemokan spikoe kuno di Sial Interfood 2022, Rabu (9/11/2022).

Tahap ini membantu tekstur bolu menjadi lembut dan aman disimpan lama hingga satu minggu.

  1. Beri olesan saat sudah dingin Terakhir, jangan oleskan selai atau isian spikoe kuno saat bolu baru selesai dipanggang atau dalam keadaan hangat.

"Supaya bisa moist, begitu matang kan dalam keadaan panas terus di ruangan kedap udara, nah biarkan sampai dingin baru dioles," sarannya.