Mana yang Lebih Tangguh? Mobil Presiden Jokowi RI 1 versus s 'The Beast' Joe Biden, Ini Ulasannya

(Foto: Garry Lotulung/NurPhoto/Getty Images)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Mobil-mobil yang menjemput para pemimpin negara jelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali mencuri perhatian. Beberapa di antaranya menggunakan mobil yang sudah disediakan pemerintah namun ada juga yang membawa langsung dari negaranya.

Presiden AS Joe Biden misalnya, sesaat turun dari pesawat dirinya langsung disambut mobil kepresidenan berjuluk 'The Beast'. Mobil itu diboyong langsung dari AS untuk menemani Joe Biden sepanjang kunjungannya ke Tanah Air.

Melansir detik.com, 'The Beast' bukanlah mobil kepresidenan biasa. Mobil ini jelas antipeluru, namun ada juga beberapa fitur keamanan lainnya yang disematkan. The Beast' merupakan hasil modifikasi dari mobil Cadillac One. Mobil bongsor itu mengusung mesin diesel 6.5 L Duramax yang dipercaya bisa menyemburkan tenaga setara 214 daya kuda. Mesinnya sama seperti yang diusung pada truk GMC dan Chevrolet.

Mobil ini juga disebut menawarkan beberapa perangkat seperti dalam film James Bond. 'The Beast' mengusung ban Kevlar yang memungkinkan tetap bisa berjalan dalam kondisi kempis atau bocor sekalipun.

Di dalamnya terdapat pelindung ketika ada serangan gas air mata. Mobil ini diperkirakan memiliki berat antara 14.000 hingga 20.000 pound (6-9 ton).

Handle pintu 'The Beast' disebut dilengkapi dengan tegangan listrik 120 Volt untuk melindungi dari perusuh yang mencoba masuk. Disebutkan pula mobil bisa mengeluarkan cairan oli sehingga pengendara yang menguntit bisa kehilangan kontrol.

Di dalam 'The Beast' konon terdapat sejumlah senjata seperti shotgun, granat, hingga gas air mata. Dalam keadaan darurat, 'The Beast' juga memiliki suplai darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden. Terdapat pula tabung oksigen bila ada serangan mendadak. Ada juga doktor yang selalu ikut dalam rombongan dan masuk dalam 'Control Car'.

Dengan deretan keamanan dan fitur yang disajikan, 'The Beast' ditaksir punya harga 1,5 juta dolar atau kalau dirupiahkan dengan kurs (1 dolar = Rp 15.460) saat ini setara Rp 23,1 miliar.

Adapun mobil kepresidenan lainnya pun tak kalah aman. Mercedes-Benz S 600 Guard yang menjadi tunggangan Presiden Joko Widodo juga terbilang aman dengan adanya lapisan antipeluru.

Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api. Dari sisi keamanan, kendaraan ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Di dalam mobil juga terdapat sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen ketika di sekeliling ada gas berbahaya. Bila ban 'The Beast' menggunakan Kevlar, Mercedes-Benz S 600 Guard untuk Presiden Jokowi juga dilengkapi Run Flat Tire. Mobil masih bisa melaju 30 km di saat tekanannya 0.

Soal mesin, Mercedes-Benz S 600 Guard menggendong mesin V12 bertenaga 530 daya kuda dan torsi 830 Nm. Berkat mesin itu, mobil bisa melaju hingga kecepatan 210 km/jam.***