Ini Kisah Nyata, Titiek Puspa Cerita Sedih di Balik Lagu Kupu-kupu Malam

(Dok: IntipSeleb)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Mungkin kita pernah dengar lagu Kupu-kupu Malam yang dipopulerkan oleh Titiek Puspa. Lagu itu lantas kembali dinyanyikan oleh Iwan Fals dan Ariel NOAH dan akhirnya booming di setiap zaman.

Ternyata ada kisah sedih di balik lagu tersebut. Titik Puspa sebagai pencipta bercerita lagu itu terinspirasi dari kisah nyata tentang kehidupan seorang wanita penghibur. Bagaimana ceritanya? Simak artikel di bawah ini.

Melansir intipselep.com, lagu Kupu-kupu Malam dipopulerkan oleh penciptanya sendiri, Titiek Puspa. Lagu tersebut jika didengar memiliki lirik yang bermakna.

Setiap siapapun yang mendengar pasti akan hanyut dengan tiap lirik yang dilantunkan. Ternyata benar saja, lagu itu terinspirasi dari sebuah kisah nyata, seorang pekerja seks komersial.

Wanita itu pernah bertemu dengan Titiek Puspa dan menceritakan kisah hidupnya hingga akhirnya dibuat menjadi lagu yang selalu populer walau sudah berubah zaman. Titiek Puspa kembali menceritakan kisah sedih di balik pembuatan lagu tersebut, hingga akhirnya diterima dengan baik dan melegenda di masyarakat.

Dalam program hiburan yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Nassar, dan Vega Darwanti, eyang Titiek Puspa, sapaannya, menceritakan tentang kisah di balik lagu Kupu-kupu Malam tersebut.

Ia mengaku pernah bertemu dengan seorang wanita penghibur di sebuah kota. Dia menegur Titiek Puspa dan mengaku kagum dengannya yang mudah mencari uang dengan cara bernyanyi.

Lantas dengan rasa penasaran, Titiek Puspa pun bertanya kepada wanita tersebut dan dia mengaku bahwa pekerjaannya sebagai wanita penghibur. Tak sengaja wanita tersebut pun bercerita kepada Titiek Puspa tentang perjalananan hidupnya.

 

Wanita tersebut ternyata merupakan seorang nyonya, namun suaminya diambil orang. Tak sampai di situ, ternyata sang suami kabur dan meninggalkan banyak utang.

Perempuan itulah yang akhirnya harus menanggung semua beban kehidupan bersama anak-anak. Hingga akhirnya singkat cerita, dia menjadi seorang wanita penghibur berkat ajakan dari orang yang dikenalnya.

Namun pekerjaan itu bukanlah yang dia dambakan, melainkan dia terpaksa untuk membayar hutang yang begitu besar. Wanita tersebut pun tersimpuh dihadapan Titiek Puspa dan mengaku ingin lepas dari jerat pekerjaan tersebut, kembali punya keluarga, dan bisa membanggakan anaknya.

Sontak Titiek Puspa pun mengajaknya berdoa, untuk dirinya sendiri agar bisa terlepas dari pekerjaan tersebut dan bisa bahagia dengan cara yang lebih baik.

"Itu lagu paling aku kagumi, karena kenapa, aku berdoa dengan seorang wanita kupu-kupu malam, dan dia agamanya Kristen sedangkan aku islam. Jadi berdoa berdua," kata Titiek Puspa seperti dilansir dari program hiburan televisi swasta, Kamis, 17 November 2022.

"Udah kamu berdoa dengan agamamu aku berdoa dengan agamaku, pelukan lama terus dia berteriak menyebut 'Bapak, Yesus, Bapak' itu sampai gemetar," kata Titiek Puspa.

Akhirnya Titiek Puspa meminta wanita tersebut berhenti berdoa dan mengatakan tuhannya sudah mendengar doanya. Titiek lantas memintanya untuk jangan kembali lagi ke tempat prostitusi, dan percaya bahwa kedepan dirinya akan dituntun tuhan menuju jalan yang benar.

Bertemu Lagi

Usai pertemuan itu, Titiek Puspa pun terinspirasi dengan cerita wanita penghibur itu dan akhirnya menulis lagu Kupu-kupu Malam. Beberapa waktu lama kemudian, setelah lagu tersebut direkam dan dipasarkan ke publik akhirnya Titiek Puspa bertemu kembali dengan wanita tersebut.

Wanita itupun menemuinya di sebuah bioskop saat Titiek Puspa sedang nonton. Titiek dipeluknya dari belakang, seraya menyebut dirinya sudah kembali menikah dan berbahagia.

"Tante Titiek aku sudah menikah," ujar Titiek Puspa menirukan wanita malam tersebut.

"Alhamdulillah," sambut Titiek Puspa. ***