Manfaatkan Perkembangan Digitalisasi Pemko Solok Luncurkan Inovasi SILEK

KOTA SOLOK (Surya24.com) - Pemerintah Kota Solok dibawah kepemimpinan H.Zul Elfian Umar, kembali membuktikan keseriusan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), pemerintahan itu menyuguhkan aplikasi Sistim Layanan Eletronik (SILEK) dengan 37 jenis pelayanan.

Inovasi SILEK dilounching oleh wakil walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra. Turut hadir kepala DPMPTSP kota Solok, ketua Kadin, Forkompimda, serta kepala OPD terkait lainnya, Kamis, 17 November 2022, di D'Relazion Resto dan Cafe kota Solok.

Dalam laporannya Kepala DPMPTSP menyebutkan, dari 37 pelayanan yang ada, 1 diantaranya adalah untuk membuat dokumen dalam waktu yang relatif singkat, sementara itu 36 lainnya adalah pelayanan dibidang kesehatan.

"Aplikasi SILEK juga akan memberikan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat, dan dapat diakses dengan mempergunakan Smartphone. Dari hasil uji coba selama satu bulan, telah menerbitkan sebanyak 175 perizinan yang dibutuhkan masyarakat, "katanya.

Sementara itu mengawali paparannya, Ramadhani menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran DPMPTSP atas terobosan yang telah dilakukan tersebut.

Dikatakannya, inovasi itu adalah terobosan yang sangat luar biasa, yang sejalan dengan perkembangan digitalisasi serta dengan target pemerintah kota Solok yang akan menjadi kota Smart City.

Menurut Ramadhani, perkembangan digitalisasi akan merubah pola dan budaya kerja, dan menuntut kita untuk mengikutinya dengan sasaran menjadikan pemerintahan kota Solok berbasis e-government, modern dan responsif.

"Kesanggupan untuk mengikuti perubahan yang disebabkan oleh perkembangan digitalisasi, hanya dapat dilakukan oleh SDM yang berkualitas dan teruji, dan disertai dengan adanya semangat serta keseriusan yang tinggi, "imbuh wakil walikota Solok mengakhiri.(Basa)