Ini 4 Jenis Bisnis Online Menjanjikan Bagi Kaum Milenial, Apa Itu?

(Dok:©2015 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Minat generasi milenial untuk menjadi seorang wirausahawan terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dalam berbisnis online.

Sebab, pandemi Covid-19 mempercepat tranformasi digitalisasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mengingat, selama pandemi berlangsung masyarakat dianjurkan untuk membatasi kegiatan secara tatap muka untuk mengantisipasi penularan virus corona jenis baru tersebut.

Kini, tulis merdeka.com, seluruh lapisan masyarakat harus terbiasa dengan cara hidup baru melalui pemanfaatan teknologi. Misalnya, kegiatan bekerja dapat dilakukan dari rumah (work from home/WFH) hingga lebih leluasanya kegiatan belanja melalui e-commerce yang bisa diakses secara 24 jam.

Alhasil, bisnis online kini semakin banyak bermunculan hingga memasuki pedesaan. Perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat tentu menjadi faktor utama yang membuat peluang bisnis online semakin besar.

Melansir dari laman bca.co.id, Rabu (23/11), terdapat empat model bisnis online yang cocok bagi generasi milenial. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis online yang patut kamu pertimbangkan:

1. Jasa titip (Jastip)

Kenapa bisnis jastip begitu menguntungkan? Ini karena Kamu tidak perlu menyewa toko untuk menjajakan dagangan. Model bisnis ini hanya memerlukan modal untuk membeli barang yang diinginkan konsumen saja. Semakin tinggi harga barang, tentu semakin besar juga modal yang dibutuhkan.

"Biasanya, jastip meliputi pembelian makanan, minuman, barang fashion, atau apa pun yang dibutuhkan konsumen," tulis

BCA.

 

2. Siaran Game

Ternyata hobi bermain game juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis online, karena memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan. Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak yang tertarik dengan dunia game.

Alhasil, kini bermunculan gamers yang melakukan siaran langsung melalui platform YouTube atau Facebook ketika bermain game.

"Streaming atau siaran game tersebut pun biasanya memiliki jumlah penonton yang banyak. Namun, modal yang diperlukan bisa jadi lebih besar. Harga perangkat dan aksesori penunjang gaming biasanya memiliki harga yang relatif mahal," jelas BCA.

3. Dropshipper

Ide peluang bisnis online lainnya yang cocok untuk generasi milenial adalah dropshipper. Modalnya juga cenderung kecil, Kamu hanya hanya bermodalkan ponsel atau perangkat laptop yang terhubung ke internet.

Jenis usaha ini pun terbilang praktis. Selain bisa dilakukan di rumah saja, dropshipper juga tidak perlu repot-repot membuat, menyiapkan, dan mengirim barang. Seorang dropshipper cukup memasarkan dan menjual barang saja.

Jika terbeli, penjual atau supplier yang akan mengirim barang tersebut ke konsumen. Produk yang bisa dipilih saat menjadi dropshipper adalah produk kecantikan seperti makeup dan skincare atau produk fashion seperti tas, baju, dan sepatu.

4. Penulis atau desain grafis freelance

Keterampilan menulis atau desain juga menjadi peluang emas untuk memulai berbisnis. Permintaan untuk kedua jenis bisnis tersebut cukup tinggi, sehingga berpotensi mendatangkan keuntungan.

Untuk memulainya pun tidak memerlukan modal yang banyak. Anda cukup memiliki perangkat yang compatible untuk menulis atau desain serta jaringan internet yang memadai.***