Ini 7 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Termasuk Tangkal Virus dan Antibiotik

(Foto: iStockphoto/Olga Gagarova)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Bunga lawang (star anise) atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Illicium verum rupanya cukup banyak khasiatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat bunga lawang untuk kesehatan yaitu melawan virus flu.

Melansir cnnindonresia.com, bunga lawang merupakan salah satu jenis rempah yang berasal dari China dengan sebutan ngo hiong dan mulai diperkenalkan ke Eropa pada abad ke-17. Sejak saat itu, bunga lawang mulai populer sebagai bumbu masakan sampai khasiatnya untuk kesehatan.

Rempah ini memiliki bentuk seperti bunga kering berwarna cokelat dengan 6-8 kelopak. Bunga lawang memiliki bau yang khas dan kuat sehingga kerap digunakan sebagai bumbu masakan.

Melansir Healthline, bunga lawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kaya akan senyawa bioaktif, seperti flavonoid dan polifenol yang padat.

Selain itu, bunga lawang juga mengandung senyawa linalool, quercetin, anethole, asam shikimat, asam galat, dan limonene. Berbagai senyawa ini membuat bunga lawang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba.

Berikut berbagai manfaat bunga lawang untuk kesehatan.

1. Obat untuk flu

Bunga lawang yang mengandung asam shikimat membuat rempah ini bersifat antivirus, sehingga cocok digunakan sebagai campuran obat untuk melawan virus. Salah satunya virus influenza.

2. Bahan untuk obat antibiotik

Sejumlah peneltian menunjukkan bahwa ekstrak bunga lawang yang bersifat antibakteri kerap digunakan sebagai bahan untuk membuat obat antibiotik. Sebab, kandungan senyawa bioaktif di dalamnya bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa bunga lawang mungkin efektif untuk mengobati infeksi saluran kemih dan mengurangi pertumbuhan bakteri E.coli yang biasa menyerang saluran pencernaan.

3. Obati infeksi jamur

Mengutip K Agriculture, kandungan flavonoid di bunga lawang membuat rempah ini bersifat anti-jamur. Hal ini membuat bunga lawang memiliki manfaat untuk menyembuhkan infeksi akibat jamur.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat bunga lawang berikutnya adalah meningkatkan sirkulasi darah karena memiliki kandungan zat besi setara 13 persen kebutuhan asupan harian manusia.

 

Zat besi dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh.

5. Seimbangkan hormon

Bunga lawang juga memiliki khasiat untuk menyeimbangkan hormon, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Pada laki-laki, bunga lawang dapat meningkatkan hasrat seks. Sementara pada perempuan, bisa mengatur siklus menstruasi sampai efek samping haid.

6. Lawan kanker

Hasil penelitian di Malaysia yang diterbitkan di Jurnal Botani Afrika Selatan menyebut manfaat bunga lawang untuk payudara.

 

Dalam penelitian itu disebutkan bahwa bunga lawang yang memiliki kandungan senyawa trans-anethole yang terbukti memiliki aktivitas anti-tumor terhadap kanker karsinoma, fibrosarcoma, kanker payudara, dan tumor asites Enrlich.

7. Sehatkan pencernaan

Manfaat bunga lawang selanjutnya adalah bisa menyehatkan pencernaan.

Selain itu, dapat meredakan kram perut, mengurangi kembung dan gas berlebih, hingga menyeimbangkan tingkat mikroba dalam sistem pencernaan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi.***