Kisah Nestapa Warga Indonesia di Perbatasan, Beli Gula dan Kopi Harus Seberangi Sungai ke Malaysia

(Dok:Instagram @infokomando.official ©2022 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Tak heran jika area perbatasan menjadi salah satu wilayah yang dijaga ketat oleh para anggota TNI.

Saat bertugas, sejumlah TNI terkejut mendapati dua wanita tengah melintas dari Malaysia. Keduanya baru saja membeli gula dan kopi ke negeri tetangga lantaran akses jalan yang tak mudah.

TNI Periksa Warga di Perbatasan

Tengah melakukan patroli di area sungai dangkal, sejumlah anggota TNI mendapati dua wanita yang tengah berjalan ke arah para petugas. Tak butuh waktu lama, para prajurit seketika menghentikan keduanya untuk mendapatkan pemeriksaan.

"Pemeriksaan warga yang melintas di perbatasan," demikian dikutip dari unggahan pada akun Instagram @infokomando.official.

"Selamat siang, bu. Dari mana, bu?" tanya salah satu petugas.

Belanja Kebutuhan di Malaysia

Kedua wanita asal Indonesia tersebut rupanya baru saja berkunjung ke Negeri Jiran Malaysia. Satu hal yang membuat para prajurit tertegun ialah mengenai alasannya.

"Selamat siang, dari Malaysia," jawab salah satu wanita.

"Ngapain bu?" tanyanya kembali.

 

Bukan tanpa alasan, keduanya nekat menyeberang perbatasan demi mendapatkan kebutuhan berupa gula dan kopi. Beberapa barang belanjaan tersebut nampak tersimpan di dalam sebuah tas berukuran cukup besar di belakang punggung.

"Belanja apa?" tanya salah satu prajurit.

"Gula, kopi," terangnya.

Beli di Indonesia Tak Ada Akses Jalan

Mendengar pengakuan dari kedua wanita tersebut membuat para prajurit kembali melempar pertanyaan. Keduanya lantas ditanya soal belanja di tanah air.

"Kok gak belanja tempat kita? Indonesia?" tanyanya.

Salah satu wanita tersebut berterus terang, hal tersebut terpaksa dilakukannya lantaran kurangnya kemudahan akses untuk berbelanja kebutuhan di negara sendiri. Sementara berbelanja ke Malaysia justru dianggapnya lebih mudah dan dekat.

"Ndak, jalan ndak ada," jawabnya.

"Kenapa bu? Jauh?" tanyanya kembali.

"Jauh. Kalau dari Malaysia lebih dekat jalan kaki," terangnya.

Pakai Uang Ringgit

Saat barang belanjaan keduanya diperiksa, para petugas di lapangan mendapati uang ringgit yang masih tersisa di kantong belanja.

"Oh ini sisanya (uang)? Ringgit bu?" tanyanya.

"Iya," singkat salah satu wanita.

Setelah memastikan keamanan dari barang belanjaan tersebut, prajurit TNI lantas memberi pesan mendalam. Keduanya diminta untuk berbelanja di Indonesia.

"Lain kali belanja di Indonesia saja ya, bu. Biar kita cinta NKRI," ungkap salah satu prajurit.

Dua wanita asal Indonesia didapati membeli gula dan kopi ke Negeri Jiran Malaysia. Keduanya terpaksa lantaran akses jalan yang lebih mudah.***