Warga Pekanbaru Riau Sempat Heboh Gegara Viral Wanita Dituduh Penculik Anak, Eee Rupanya di Pontianak

Tangkapan layar penculik anak disebut ditangkap di Pekanbaru, ternyata di Pontianak. (Foto: istimewa)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Video wanita diduga sebagai pelaku penculikan anak ditangkap warga viral di grup WhatsApp. Dari video yang beredar disebut terjadi di Pekanbaru.

Dalam video yang diterima detikSumut, sosok wanita terlihat diamankan warga. Wanita berbaju merah kotak-kotak itu disebut sebagai pelaku penculikan anak.

Tak hanya itu, ada pula sepenggal video anak berseragam sekolah dasar. Anak itu diduga korban yang gagal diculik pelaku setelah digagalkan warga.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi membantah video viral itu terjadi di Pekanbaru. Menurutnya, video itu terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kejadian di Pontianak, fix bukan di Kota Pekanbau kejadiannya," terang Pria Budi saat dikonfirmasi, Senin (30/1/2023).

Untuk penangkapan sendiri dilakukan di Pontianak karena diduga sebagai pelaku penculikan. Namun faktanya wanita itu adalah orang dalam gangguan jiwa atau ODGJ.

Terkait maraknya informasi itu, Pria Budi minta masyarakat lebih selektif. Namun tetap harus waspada agar kejadian yang sama tidak terjadi di Pekanbaru.

"Kami di Polresta Pekanbaru menghimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Khusus untuk isu penculikan anak itu kejadiannya bukan di Pekanbaru. Namun kita harus waspadai kejadian serupa terjadi di wilayah kita," kata Pria Budi.

Pria Budi meminta seluruh orang tua agar menjadikan peristiwa tersebut pelajaran. Termasuk mawas diri agar menjadikan hal itu melakukan antisipasi.

"Perhatikan anak-anak kita, pastikan pulang sama siapa, dijemput sama siapa. Kami menghimbau kepada masyarakat Pekanbaru untuk senantiasa menjaga barang masing-masing," katanya.***