Siapa Sangka Manfaat Daun Kersen Luar Biasa bagi Kesehatan

Ilustrasi buah dan daun kersen.(Dok: Prenn)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Pohon kersen sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Biasanya, pohon kersen dijumpai di tepi jalan atau taman. Batang kersen terdiri dari cabang-cabang mendatar yang membentuk naungan rindang. Kehadiran pohon membuat suasana sekitar menjadi lebih sejuk.

Mengutip kompas.com, meski menyejukkan, tak banyak yang tahu bahwa kersen terutama bagian daun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan, masih sedikit yang tidak mengira daun kersen dapat dikonsumsi.

Lalu, apa saja manfaat daun kersen bagi kesehatan? Manfaat daun kersen Berikut merupakan manfaat daun kersen bagi kesehatan, seperti dihimpun berbagai sumber:

  1. Obat diabetes Daun kersen atau Muntingia calabura memiliki khasiat sebagai obat diabetes. Diabetes adalah penyakit yang ditandai tingginya kadar gula darah. Dilansir dari laman Universitas Airlangga, daun kersen bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes maupun pencegah diabetes.

Manfaat daun kersen ini karena kandungan senyawa aktif, antara lain alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin. Flavonoid berperan dalam menangkap radikal bebas atau berfungsi sebagai antioksidan alami.

Aktivitas antioksidan ini memungkinkan flavonoid untuk menangkap dan menetralkan radikal bebas, dan memperbaiki keadaan jaringan yang rusak. Sementara alkaloid, membantu meningkatkan kemampuan regenerasi sel beta pankreas yang rusak.

Sel beta pankreas berfungsi menghasilkan hormon Insulin atau hormon pengontrol gula darah. Senyawa aktif lain pada daun kersen, saponin, membantu menghambat penyerapan glukosa dan mencegah naiknya glukosa atau gula dalam darah.

Tanin sendiri memacu metabolisme glukosa dan lemak, sehingga timbunan keduanya dalam darah dapat dihindari.

Senyawa ini juga memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurunan gula darah, yaitu dengan meningkatkan glikogenesis atau pembentukan glikogen dari glukosa.

  1. Mengobati penyakit asam urat Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat atau gout adalah jenis radang sendi yang terjadi karena penumpukan asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam tubuh berisiko pada kerusakan sendi. Hal ini lantaran asam urat akan menumpuk dan mengendap di sela-sela sendi.

Penyakit ini biasanya dipicu oleh konsumsi zat purin berlebih, termasuk makanan laut, daging binatang berkaki empat, serta makanan kaya protein dan lemak. Kandungan flavanoid dalam daun kersen membuat daun ini menjadi alternatif terapi bagi penderita asam urat, seperti dikutip Kontan.

Flavanoid bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat enzim xantin oksidase. Bukan hanya itu, daun kersen juga memiliki sifat antiinflamasi atau anti-peradangan. Sifat ini bisa menghambat terjadinya peradangan di persendian, sehingga mampu mengurangi rasa nyeri akibat gout.

  1. Mengatasi sakit kepala Manfaat daun kersen selanjutnya, yakni membantu meringankan sakit kepala. Bahkan, seperti dilansir laman E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, masyarakat Peru memanfaatkan daun kersen sebagai obat herbal sakit kepala.

Khasiat daun kersen ini berasal dari kandungan senyawa kimia seperti tannin, saponin, flavonoid, dan polifenol. Senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidatif dan antimikroba yang berfungsi meringankan sakit kepala.

Cara mengonsumsi daun kersen…

Cara mengonsumsi daun kersen Untuk mendapatkan manfaat daun kersen, bisa dengan mengonsumsi air rebusannya. Dikutip dari Kompas TV, berikut cara mengolah daun kersen:

Bahan: 100 gram daun kersen 1 liter air Bahan tersebut dapat disesuaikan dengan perbandingan serupa.

Cara mengolah daun kersen: Cuci bersih daun kersen segar Nyalakan kompor, kemudian rebus daun kersen dengan 1 liter air

Rebus hingga menyisakan 500 ml atau setengahnya Saring air rebusan, lalu dinginkan. Rebusan daun kersen ini dapat dikonsumsi dua kali dalam sehari setiap pagi dan malam hari. Untuk hasil yang lebih baik, imbangi pula dengan menerapkan pola hidup sehat.***