Beredar Video Viral Masjid Diubrak-abrik, Pembatas Shaf Dibakar dan Lembaran Al-Qur'an Dilumuri Diduga Darah Mens: Beragam Komentar Warganet

(Sumber : Tangkapan layar Instagram@borobudur_media/net)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Video sebuah masjid diobrak-abrik dan diduga lembaran Al-Qur'an dilumuri darah viral di media sosial. Video viral itu salah satunya diunggah oleh akun Instagram @borobudur_media, Minggu (11/12).

"Masjid diobrak-abrik. Beredar video rekaman sebuah Masjid di Salaman Magelang yang telah diubrak-abrik orang tak dikenal," tulis borobudur_media pada caption video unggahannya seperti dilansir viva.co.id.

Dalam keterangan lanjutannya disebutkan sejumlah benda yang berada di dalam masjid rusak. "Pembatas shaf dibakar, Al-Qur'an dilumuri darah yang diduga darah mens," tulisnya.

Tampak dalam unggahan video itu memperlihatkan kondisi dalam masjid berantakan. Beberapa karpet digulung dan terlihat bekas bakaran saf pembatas salat.

Kemudian sejumlah kertas dan lembaran Al-Qur'an berserakan di tempat imam salat. Bahkan di atas mimbar terlihat beberapa lembaran berbahasa Arab diduga Al-Qur'an dilumuri warna merah.

Dalam unggahan video itu belum diketahui detail kronologi waktu dan tempat kejadian. Hanya tertulis kejadian di masjid di Salaman Magelang, Jawa Tengah. Mengenai motif pelaku belum diketahui. Hingga kini belum ada klarifikasi dari pihak-pihak terkait.

Mengutip tribunnews.com, video dengan durasi 40 detik itupun kemudian beredar dan viral di media sosial. Hingga kini, video tersebut ramai dikomentari oleh warganet.

“Kalau pun ketanggap dan berdalih alasan odgj. Tapi kok punya pikiran hancurin itu smua-kitab" di bukain smua. Karpet karpet seniat itukan odgj nya,” tulis @laviniadn_.

“Kalo ODGJ gak mungkin, gitu2 juga dia masih manusia,, kalo kek ginimah udah bukan manusia lagi,” tulis @ichidai_sanzen.

Tak hanya itu, beberpa warganet juga mengutuk perbuatan tersebut.

“Moga kena azab mereka yang sudah menghancurkan masjid, dan yang membakar al quran nya amin,” tulis @one160886.

“Orang yang melakukan semoga dilaknat,” tulis @acef_m80.

Unggahan dari akun @terang_media itu mendapat ratusan likes dan juga beragam komentar dari netizen yang mengecam aksi pengerusakan masjid dan juga kitab suci Al-Quran itu.

"yang saya ingin tau,kenapa sampe sgtunya,perlu kita gali????sakit hati dgn ustad,sakit hati dgn org islam,sakit hati dgn agama islam,sakit hati dgn tempat ibdah islam?" tulis netizen.

"Kalau ketangkap paling di bilang Gila" komentar netizen.

"Di luar nalar,sudah d pastikan orang tidak waras," komentar netizen lainnya.

"Astaghfirullah semoga pelaku cpt ketanggkap gk tkut apa dosa di dunia gk seberapa, dripda ntr di akhirat," tulis netizen lainya.

"Ada masalah apasih mreka dgn masjid ?" tulis salah satu netizen.

Dikutip dari laman tvonenews.com, Kapolsek Salaman, Iptu Sukarjo pun membenarkan adanya kejadian pengerusakan masjid yang lokasinya berada di Dusun Krandan, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah oleh orang tak dikenal. Menurutnya kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu (10/12/2022) pagi kemarin.

"(Pelaku) Membakar tirai, tirai pembatas antara laki-laki dan perempuan," ucapnya kepada wartawan, Meski demikian, pihaknya belum merinci secara lengkap kronologis dari peristiwa perusakan masjid di Salaman, Magelang, Jawa Tengah itu.

Iptu Sukarjo mengatakan jika pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan. Disebutkan jika pihak kepolisian sudah meminta keterangan dari sejumlah saksi mata, termasuk pengurus masjid.

"Pelaku sementara belum diketahui, hanya tahu saksi itu ciri-cirinya namun, kami sedang berusaha lewat semua elemen CCTV dan sebagainya, kami masih usaha," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan kalau identitas pelaku pun belum diketahui. Tapi, pelaku diduga bukan warga sekitar masjid. "Kalau warga sekitar sepertinya tidak, karena kalau warga sekitar pasti tahu," ujarnya menyudahi. ***