Tidak Perlu Gunakan Racub Segala, Ini 10 Cara Ampuh Usir Tikus Berkeliaran di Rumah

Ilustrasi (Foto: Meditations/Pixabay)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Tikus sering kali menjadi masalah bagi kebersihan rumah. Ketika ada hewan pengerat ini, lingkungan rumah jadi kotor dan barang-barang jadi rusak.

Dikutip dari cnnindonesia, berikut cara mengusir tikus yang membandel di rumah. Cara-cara ini merupakan langkah alami untuk memaksa tikus keluar dari rumah tanpa menggunakan racun tikus.

Pasalnya, penggunaan racun tikus berpotensi membuat bangkai tikus tersembunyi di dalam rumah. Ketika ditemukan, justru akan menjijikkan, meski cara ini mungkin terbilang ampuh.

Maka dari itu, cobalah beberapa cara mengusir tikus di rumah berikut ini.

1. Bersihkan sisa makanan

Sisa makanan merupakan alasan utama munculnya tikus di dalam rumah. Maka dari itu, sebisa mungkin selalu bersihkan sisa makanan di ruang makan maupun dapur.

Jangan sampai ada sisa makanan yang berceceran maupun tersimpan di wadah terbuka karena rentan mengundang tikus. Jika sudah selesai masak dan makan, segeralah cuci peralatan tersebut agar tidak tertinggal dalam keadaan kotor di bak cuci.

2. Tutup lubang masuknya tikus

Tentunya tikus bisa masuk ke rumah karena ada celah, maka dari itu segera tutup seluruh lubang yang bisa menjadi akses masuk tikus ke dalam rumah.

Begitu juga dengan pintu ruangan-ruangan di rumah. Jika tidak ingin tikus masuk ke dalam kamar, selalu tutup pintu kamar Anda, termasuk pintu rak dan lemari.

3. Pasang perangkap

Anda juga bisa memasang perangkap di sudut-sudut rumah yang biasa dilalui tikus. Perangkap ini biasanya terbuat dari kawat.

Jenis perangkap lain yang juga bisa digunakan adalah lem perekat, sehingga tikus terjebak di lem ketika sedang melintas dan tak bisa bersembunyi lagi.

4. Pelihara kucing

Sudah menjadi rahasia umum jika kucing adalah musuh tikus. Hal ini dapat pula Anda gunakan sebagai cara mengusir tikus di kamar dan ruangan-ruangan lain.

Kucing yang dipelihara bisa berasal dari ras apa saja, tetapi pastikan jenis kucing yang suka berburu. Namun jangan lupa menjaga kebersihan kandang kucing agar justru tidak mengundang tikus karena berantakan.

5. Gunakan sabut cuci piring

Anda bisa memotong sabut cuci piring ini menjadi bagian-bagian kecil, kemudian letakkan di lubang akses masuk tikus ke dalam rumah. Ketika tikus menemukannya dan mencoba memakannya, ia akan kesulitan mengunyah sabut besi tersebut dan tidak jadi masuk ke dalam rumah.

6. Tebar aroma peppermint

Aroma peppermint merupakan bau yang tidak disukai tikus karena cukup kuat dan menyengat.

Anda bisa menggunakan aroma peppermint dari minyak esensial dengan menuangnya ke kapas, lalu letakkan di area yang kerap dilalui tikus. Ketika tikus mencium aroma ini, ia bisa tidak jadi masuk ke rumah.

7. Semprot cuka apel

Tikus juga tidak suka aroma cuka apel. Anda bisa menyemprotkan cuka apel yang telah diberi air ke daerah yang biasa dilewati tikus.

Semprotkan air cuka apel ini secara berkala agar tikus tidak betah dan emoh masuk ke rumah. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengusir tikus di plafon.

8. Aroma cengkih

Selain aroma peppermint dan cuka apel, ternyata hewan pengerat ini juga tidak suka aroma cengkih. Soalnya, cengkih memiliki aroma kuat yang juga dibenci tikus.

Anda bisa menuangkan aroma cengkih di bola kapas dan taruh di lokasi yang kerap dilalui tikus.

9. Taburkan lada

Tikus juga tidak suka lada karena memiliki bau yang menyengat. Aroma lada bisa membuat tikus sulit bernapas, sehingga ingin kabur dari lokasi tersebut.

Anda bisa menaburkan lada di area yang biasa didatangi tikus untuk mencegahnya balik lagi. Taburkan juga lada di area tikus biasa bersembunyi.

10. Tebar kapur barus

Cara mengusir tikus yang membandel di rumah selanjutnya adalah dengan menebar kapur barus.

Ketika tikus menemukan kapur barus dan memakannya, ia akan mengalami dehidrasi dan memilih pergi. Kapur barus seperti racun bagi tikus.

Itulah cara ampuh usir tikus yang berkeliaran di rumah tanpa menggunakan bahan kimia. Selamat mencoba!***


Tulis Komentar