Ingin Tahu Apakah Pasanganmu Selingkuh atau Tidak? Ini 7 Cara Membuktikannya

Ilustrasi. Cara membuktikan pasangan selingkuh (Foto: iStockphoto)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Aroma perselingkuhan sering kali tercium karena ada firasat yang dirasakan. Ketika firasat ini muncul, cobalah beberapa cara membuktikan pasangan selingkuh berikut ini.

Langkah pembuktian ini perlu agar tuduhan tidak cuma didasari pada feeling pasangan selingkuh, tetapi memang fakta yang sebenarnya.

Dikutip dari cnnindonesia.com, cara membuktikan pasangan berselingkuh ini perlu diketahui oleh setiap orang yang berada dalam suatu hubungan karena risiko perselingkuhan bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja.

Mengutip Very Well Mind, ada beberapa tanda-tanda pacar selingkuh sebelum Anda membuktikan firasat tersebut. Berikut ciri-ciri pasangan ada orang lain.

Cara komunikasi berubah, misalnya dulu sering memanggil 'Sayang', kini tidak lagi.

Penampilannya berubah atau lebih perhatian terhadap penampilannya sendiri.

Lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah atau tidak bersama Anda.

Sikapnya berubah, misalnya lebih kasar, dingin, dan lainnya.

Mulai sering berbohong seperti ada yang ditutupi atau tidak ingin pasangan ketahui.

Kerap menghindar dari pasangan.

Menuduh Anda yang berselingkuh.

Mulai sering mengabaikan Anda.

Rutinitas seks berubah.

Muncul masalah keuangan.

Mulai mengubah kata sandi di berbagai perangkat.

Cara Membuktikan Pasangan Selingkuh

Setelah mengetahui tanda-tanda ketika pasangan selingkuh, berikut cara membuktikannya.

1. Uji kebenaran ucapannya

Cara membuktikan apakah pasangan berselingkuh atau tidak bisa dengan menguji kebenaran dari setiap ucapannya. Misalnya, beberapa waktu terakhir pasangan pulang larut malam karena urusan pekerjaan yang menumpuk.

Anda bisa coba bertanya mengenai pekerjaannya itu, seperti apa proyeknya, lokasinya, lama pengerjaannya, dan hal-hal lain secara rinci. Jika ia berbohong, maka detail proyek yang ia bicarakan bisa berubah-ubah. Jika tidak, tentu jawabannya akan konsisten dan masuk akal.

2. Tanya teman atau rekan kerja

Ketika pasangan berselingkuh, ia kerap pergi dengan selingkuhannya dan sering kali menjadikan teman atau rekan kerja sebagai alasan penutup kebohongan. Misalnya, pasangan pergi dengan selingkuhan, tetapi bilang kepada Anda ada janji dengan teman si A, si B, atau si C.

Nah, Anda bisa bertanya ke teman atau rekan kerjanya itu, apakah benar jika pasangan Anda pergi dengannya pada waktu tertentu. Namun sebaiknya tanya dengan cara yang tidak mencurigakan agar keretakan hubungan tidak tercium pihak luar. Waktu yang Tepat untuk Berselingkuh Menurut Sains, Kapan?

3. Ubah kebiasaan

Saat pasangan berselingkuh, dia kerap mengubah kebiasaan, seperti jam berangkat atau pulang kantor. Anda juga bisa mencoba hal ini sebagai cara membuktikan pasangan selingkuh.

Ketika pasangan berselingkuh, tentu dia tidak suka Anda mengubah kebiasaan karena bisa mengganggu rutinitas dan rencananya jadi ketahuan. Cobalah ubah jam pulang kerja Anda atau datang ke kantornya secara tiba-tiba.

4. Periksa keuangan pasangan

Jika Anda sudah bersuami istri dan memiliki rekening bersama atau mengetahui akses ke rekening dan sumber-sumber pembayaran suami, Anda bisa mulai memeriksa catatan keuangan pasangan.

Jika pasangan berselingkuh, tentu akan ada catatan pengeluaran yang mencurigakan. Anda juga bisa mencari tahu untuk apa dan kepada siapa dana tersebut diberikan.

5. Periksa hp pasangan

Saat ini berbagai aktivitas seseorang terekam di handphone (hp) miliknya, mulai dari dengan siapa saja dia berbalas pesan, menelepon, hingga data seperti foto yang mungkin tersimpan.

 

Anda bisa memeriksa isi hp pasangan jika memang memungkinkan atau bisa memintanya langsung kepada pasangan agar mendapat izin dan tidak merusak privasi. Barangkali ada hal-hal yang mencurigakan di dalam sana.

6. Cek di aplikasi label kontak

Terkadang, pasangan yang berselingkuh tidak menyimpan nomor hp selingkuhannya dengan nama kontak yang sesuai alias menggunakan nama samaran.

Anda bisa memeriksa nomor tersebut di aplikasi label kontak, seperti Get Contact atau Truecaller. Di aplikasi ini, Anda bisa mengetahui label kontak atau nama kontak yang disimpan banyak orang untuk memeriksa nomor yang ingin dicek.

7. Bicara baik-baik

Cara membuktikan pasangan selingkuh atau tidak juga bisa dengan membicarakannya secara langsung, tapi tetap baik-baik.

Sebelum Anda menanyakan terkait perselingkuhan, Anda mungkin bisa memulai pembicaraan mengenai perasaan dan pandangan tentang hubungan satu sama lain dengan pasangan. Setelah itu, bisa masuk ke pembicaraan apakah benar dia berselingkuh atau tidak.***