Jokowi Akan Bangun Rumah Sakit Khusus Jantung dan Kanker di Riau: Katanya Kurangi Warga Berobat ke Luar Negeri

(Dok: KOMPAS.COM/IDON)

JAKARTA (SURYA24.COM) PEKANBAR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kerja tahun 2023 dengan mengunjungi Provinsi Riau, Rabu (4/1/2023). Jokowi datang membawa kabar baik. Dia akan membangun rumah sakit khusus penanganan penyakit jantung dan kanker di Bumi Lancang Kuning. Hal itu dikatakannya saat diwawancarai wartawan terkait pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang ada di Provinsi Riau.

Menurut Jokowi, semua pasien telah dilayani dengan baik, termasuk juga BPJS sudah berjalan secara aturannya. Namun, Jokowi menyebut Provinsi Riau masih kurang dengan kebutuhan rumah sakit khusus untuk pengidap penyakit jantung dan kanker.

"Riau membutuhkan rumah sakit khusus jantung dan kanker. Baru saya bicarakan tadi dengan Pak Gubernur (Riau). Tanahnya mungkin disiapin dari provinsi, nanti kita yang membangun dan lainnya. Baru kita bicarakan," kata Jokowi usai peresmian jalan tol Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, seperti dilansir kompas.com, Rabu.

Jokowi berharap, dengan adanya rumah sakit khusus tersebut, nantinya masyarakat di Provinsi Riau dapat merasakan memanfaatnya. Selain itu juga mengurangi warga berobat ke luar negeri.

"Dari Kementerian Kesehatan sudah membantu perawatan khusus jantung untuk kanker. Tahun ini akan segera kita siapkan alkesnya. Artinya, kita ingin mengurangi sebanyak-banyaknya warga kita yang berobat ke luar negeri," pungkas Jokowi.